Pengenalan wajah sesama salah salah satu kunci kehidupan sosial manusia. Tampaknya, itu juga berlaku pada simpanse. Ini setelah sekelompok peneliti melatih tiga simpanse dewasa, Chloe, Pendesa, dan Ai, untuk menemukan gambar wajah simpanse, pisang, mobil, dan rumah di antara sekelompok gambar lain pada peranti layar sentuh digital. ” Simpanse cepat menemukan gambar wajah di antara berbagai obyek lain, ” kata pemimpin tim peneliti Masaki Tomonaga, ahli primatologi dan studi kognitif komparatif pada Primate Research Institute University Kyoto, Jepang.

Simpanse Pendesa sedang dilatih untuk menyentuh layar digital, untuk menemukan gambar dirinya di layar monitor.

Simpanse Pendesa sedang dilatih menyentuh layar digital, untuk menemukan gambar dirinya di layar monitor.

Simpanse betina Chloe melakukan tugas pencarian visual.

Simpanse betina Chloe melakukan tugas pencarian visual pada monitor televisi.

Kedua spesies mengembangkan kemampuan khusus untuk memproses wajah, yang berarti simpanse dan manusia mungkin sama-sama menggunakan informasi wajah untuk kehidupan sosial. Hasil riset itu jalan untuk meneliti lebih lanjut terkait evolusi kecerdasan sosial. Selain wajah, simpanse juga mengenali gambar pisang di antara obyek lain, tetapi kesulitan menunjuk pisang saat gambar hitam putih.

Simpanse tetap mudah menemukan gambar wajah meski dalam versi hitam putih. Hasil rinci riset dipublikasikan secara daring, Kamis ( 16/7 ) di Scientific Reports.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / JOG / Image by : Nature com.