WHO menyebut penyakit kardiovaskular mencakup penyakit  jantung koroner dan stroke, sebagai penyakit tak menular tetapi ditakuti setiap orang. Sedapat mungkin menghindari penyakit mematikan ini dengan cara membentengi diri dengan pola hidup sehat dalam keseharian. Setelah penyakit  kardiovaskuler ada pula jenis penyakit tidak menular lainnya yaitu, asma, penyakit paru obstruksi kronis dan diabetes.

Mencegah agar tak terjangkit penyakit tak menular perlu sebagai tindakan  berjaga-jaga agar tubuh tetap sehat.  Caranya memperhatikan pola makan agar terhindar dari berat badan berlebihan alias obesitas.  Berat badan berlebihan tapi minim aktivitas fisik memadai, boleh jadi sebagai awal terjadinya diabetes bila pemilik tubuh tak menjaga asupan makanan yang masuk tubuh.

Gaya hidup sehat untuk jantung dan paru-paru, adalah berhenti merokok.

Gaya hidup sehat untuk jantung dan paru-paru, adalah berhenti merokok. Itulah nasehat dokter kepada pasien yang mengeluh sesak napas sambil meraba dada kiri pasien.

Hasil riset dasar kesehatan menunjukkan pola makan masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan, cenderung mengonsumsi makanan dan minuman kaya energi, kaya lemak jenuh, gula, dan garam. Mereka lalai  untuk mengimbangi jenis makanan kaya energi dengan asupan makanan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, serelia utuh dan malas melakukan aktivitas fisik. Padahal riset menunjukkan, konsumsi sayuran dan buah yang cukup dapat berperan dalam menjaga normalnya tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol darah, menurunkan risiko kegemukan.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam mencegah terjadinya penyakit tidak menular. Saat ini konsumsi  sayuran rata-rata penduduk Indonesia baru 63,3 persen dan buah-buahan baru 62,1 persen dari jumlah konsumsi yang dianjurkan. Sebagai negara tropis yang kaya akan sumber daya alam hayati, Indonesia memiliki banyak ragam sayuran dan buah-buahan.

Pola makan sehat rendah lemak tinggi serat dengan cara perbanyak mengonsumsi sayur dan buah.

Pola makan sehat rendah lemak tinggi serat dengan cara perbanyak mengonsumsi sayur dan buah.

Jika kepala pusing alias ngliyeng, segera berbaring. Mulai alirkan reiki ke kepala. Rasakan sensasi reiki mulai bekerja masuk ke organ mata, telinga, hidung, otak dan merambat ke chakra ajna dan tenggorokan.

Praktek menyembuhkan diri sendiri dalam reiki disebut Self Healing. Contoh, jika kepala pusing alias ngliyeng, segera berbaring. Mulai alirkan reiki ke kepala. Rasakan sensasi reiki mulai bekerja masuk ke organ mata, telinga, hidung, otak dan merambat ke chakra ajna dan tenggorokan.

Buah yang sangat manis miskin serat sebaiknya dibatasi dan memperbanyak sayuran. Teori memang mudah dihapal tapi praktek hidup sehat menyangkut  pola makan sehat sulit diterapkan jika tak ada niat untuk melakukannya. Mumpung masih muda penuh semangat, hidup di hari tua  tetap nikmat tanpa dihantui PTM, sudah sewajarnya kita menanamkan kata cerdik dalam ingatan kita.

Apa itu cerdik ? Cerdik merupakan akronim kata ( c ) cek kesehatan secara berkala, ( e ) enyahkan asap rokok atau berhenti merokok ( r ) rajin berolahraga ( d ) diet sehat seimbang kalori ( i ) istirahat cukup ( k ) kelola stres dengan baik. Bagi saya, akronim c-e-r-d-i-k saya tambahkan di depannya dengan m-r, yaitu meditasi dan reiki  yang harus  dipraktekkan setiap waktu agar tetap sehat. Salam.