Jika anda berada di tempat umum dan ingin menggunakan toilet, usahakan menerima apa adanya kondisi toilet ini dan jangan samakan dengan kondisi toilet pribadi di rumah. Jangan kesal jika Anda terpaksa membayar untuk urusan buang hajat sekalipun hanya sebentar,  mak cur saja. Sebaiknya lupakan saja kekesalan Anda agar tak jadi  penyakit membuat senewen berkepanjangan.

Selain kesal karena harus membayar untuk jasa buang hajat, ada pemerintah kota malah berbaik hati membayar dengan uang kepada warga kota yang menggunakan toilet umum. Dewan Kota Ahmedabad India, contohnya,  sudah kesal melihat warga kota Ahmedabad buang air kecil sembarangan di area publik. Untuk itulah dicari cara untuk merangsang warga kota  agar senang pergi ke toilet dengan memberikan imbalan.

Pejabat Dinas Kesehatan Ahmedabad, Bhavikk Joshi mengatakan, uji coba dilakukan di 67 toilet di kota yang terletak di Negara Bagian Gujarat. Jika berhasil, akan diterapkan di 300 toilet umum di Ahmedabad sebagai ajakan bagi warga kota agar gemar menggunakan toilet umum dengan imbalan uang 1 rupee alias Rp 200. Perdana Menteri Narendra Modi menghimbau agar warga  turut menjaga kebersihan kota.

Bhavik Joshi Ketua Dewan Kota  Ahmedabed.

Bhavik Joshi,  Pejabat Dinas  Kesehatan Kota Ahmedabad.

Banyak warga India merasa bahwa pergi ke toilet umum tidak higienis dan memilih buang hajat di tempat terbuka. Justru kebiasaan ini dinilai kurang sopan bagi orang yang terbiasa melihat keindahan. Dengan menggunakan toilet  umum di Ahmedabad, siapa tahu Anda dibayar 1 rupee setiap kali masuk toilet ?

AFP.