Negosiasi selama tiga jam akhirnya membut Richard Poula Jr ( 32 ), pria asal Colorado bersedia turun dari pohon dan menyerahkan diri kepada polisi. Poula akhirnya ditahan karena mengemudi dalam keadaan mabuk dan sejumlah pelanggaran lain sepanjang pelariannya. Komandan Kantor Sheriff Boulder County Heidi Prentup mengatakan, polisi di Longmont menerima telepon tentang seorang pria yang menghentikan mobilnya di tengah jalan dan memukulinya dengan batang besi sehingga kaca jendela pecah.

” Warga yang melapor memutuskan mengikuti pria itu hingga polisi datang, ” kata Prentup. Diikuti polisi, Poula melarikan mobilnya ke pegunungan, sekitar 6 kilometer dari lokasi awal. Tak bisa menguasai kemudi mobil Poula  menabrak batu besar dekat tempat parkir sehingga mobilnya terguling ke padang rumput.

Takut tertangkap polisi yang mengejarnya, Richar Poula Jr nekat naik pohon yang berdiri di pinggir tebing curam.

Takut tertangkap polisi yang mengejarnya, Richar Poula Jr nekat naik pohon yang berdiri di pinggir tebing curam.

Poula kemudian berlari menyusuri jalan setapak di tepian tebing yang menanjak dan akhirnya pelariannya terhenti saat dia menaiki pohon di pinggir tebing setinggi 10 meter dari dasar tebing. Tim elite SWAT Boulder County perlu waktu tiga jam untuk membujuk Poula turun. Selain mengemudi sambil mabuk, dia diperiksa karena melaporkan adanya kecelakaan.

Tidak itu saja ulah Poula, dia melarikan diri dari lokasi kecelakaan. Ia juga melarikan diri dari polisi, perilaku berbahaya, dan melanggar pembebasan bersyarat dari penjara. Kalau diurut mungkin masih ada daftar perilaku negatif lain yang dimiliki Poula.

Reuters / WAS.