Berada di institusi pemerintahan tertinggi tidak berarti harus kehilangan selera humor. Kantor Kepresidenan Afrika Selatan pada 1 April mengumumkan penunjukkan anggota kabinet baru untuk sejumlah posisi baru yang tidak ada dalam kabinet. Rupanya, umpan yang dimaksudkan sebagai Lelucon 1 April ini disambut sejumlah media lokal.

Pemimpin Fraksi DA Parlemen Afrika Selatan, Mmusi Maimane.

Pemimpin Fraksi DA Parlemen Afrika Selatan, Mmusi Maimane.

Posisi baru itu antara lain Menteri untuk Partisipasi Publik dan Antarmuka serta Menteri Urusan Jalan Raya dan Kemacetan. Jaringan media lokal EWN termasuk yang tertipu dengan menurunkan berita penunjukkan menteri baru itu meski akhirnya menurunkan berita ralat berjudul Kami Tertipu. Kelompok oposisi Aliansi Demokratik ( DA ) yang kerap mengkritik keras kebijakan pemerintahan Presiden Jacob Zuma, kali ini justru menanggapinya dengan simpatik dan penuh humor.

” Saya pikir humor itu benar-benar jenaka, ” kata pemimpin Fraksi DA di Parlemen, Mmusi Maimane, kepada saluran berita lokal News24. ” Namun saya harap mereka bisa lebih serius pada hari-hari lain sepanjang tahun.

Reuters / WAS.