Diserang panda, pria di Tiongkok bernama Guan Quanzhi mendapat kompensasi dari Pemerintah Tiongkok 80.000 dollar AS alias Rp 1,06 miliar. Pria beruntung sekaligus naas ini menuntut pemerintah lokal Provinsi Gansu setelah dirinya diserang panda liar. Panda dikenal di Tiongkok sebagai hewan dengan penampilan yang menggemaskan dan lucu.

Namun dibalik kelucuan ulahnya itu, penampilan panda tetap berbahaya jika menggigit korbannya. Panda merupakan keluarga beruang yang gigitannya mengerikan dan selalu mencari korban, baik binatang atau manusia yang dijumpainya. Salah satu korban gigitan panda liar yang terjadi Maret 2014, adalah Guan Quanzhi sang pria Tiongkok tadi.

Guan Quanzhi terpaksa menjalani operasi pada lengan kanan kakinya setelah diserang panda liar yang masuk ke kebunnya, Maret 2014 lalu.

Guan Quanzhi terpaksa menjalani operasi pada lengan kaki kanannya setelah digigit panda liar yang masuk kebunnya, Maret 2014 lalu.

Insiden ini membuat Guan harus menjalani operasi tujuh jam di rumah sakit. Panda liar sama buasnya dengan beruang yang mengandalkan tajam taring giginya saat mengoyak mangsanya.

Insiden ini membuat Guan harus menjalani operasi tujuh jam di rumah sakit. Panda liar sama buasnya dengan beruang yang mengandalkan ketajaman taringnya saat menggigit mangsanya.

Petugas penyelamat sedikit kesulitan menghalau panda liar yang sedang menggigit kaki kanan Guan.

Petugas penyelamat sedikit kesulitan menghalau panda liar yang sedang menggigit kaki kanan Guan Quanzhi.

Saat peristiwa berlangsung panda liar itu memasuki Desa Liziba, Gansu. Petugas penjinak binatang liar didatangkan dan berusaha menangkap panda liar ini yang masuk ke pekarangan  milik Guan.  ” Saya melihat tiba-tiba panda itu melompat di depan saya, badannya tertutup lumpur, ” kata Guan.

Panda liar ini langsung menggigit kaki Guan dan baru melepas gigitannya ketika warga Desa Liziba ramai-ramai menutup muka si panda dengan mantel. Keruan saja panda ini memberontak dan semakin liar gerakannya. Akibat adanya insiden ini, Guan cedara parah dan harus menjalani tujuh jam operasi di rumah sakit.

AFP/ Photo by : People Daily.