Pohon pepaya gampang ditemui di sekitar kita, bahkan banyak yang menanamnya karena manfaat yang bisa diperoleh dari buah pepaya. Buah ini tergolong murah dibandingkan jenis buah lain yang ada di pasar. Karena manfaat buah pepaya sangat berguna untuk kesehatan tubuh, bukan berarti buah pepaya disebut buah murahan.

Selain tumbuh di daerah tropis, di luar Indonesia, miturut riwayatnya, pepaya pertama kali ditemukan di kawasan Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko. Media informasi internasional pun meriwayatkan fakta menarik tentang buah pepaya. Di Indonesia bisa disebut kates ( Jawa Tengah ), gedang ( Jawa Barat ), betik alias  punti kayu/ralempaya  ( Sumatra ), padu /kalujawa ( Nusa Tenggara ), dan kapalay unti jawa ( Sulawesi ).

Pepaya dengan nama latin Carica papaya l mempunyai kandungan vitamin A,B,C, dan E dan berbagai mineral, antara lain potasium dan kalsium. Potasium dalam buah pepaya bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah. Pepaya juga digunakan di bidang industri kecantikan.

Buah Pepaya dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena buah ini mengandung Beta-Karoten. Beta-Karoten dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian ladies.

Buah pepaya mengandung Beta-Karoten yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terkadang di pasar dijual pepaya muda untuk bahan membuat sayur asem, bermanfaat untuk mendukung metabolisme tubuh menghancurkan lemak. Di dalam pepaya muda terdapat enzim papain yang jumlahnya lima kali lebih  banyak dibandingkan enzim papain pepaya tua. Bagi ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi pepaya muda karena bisa berdampak negatif pada  kesehatan janin.

Yang menarik dari tanaman pepaya, ada jenis papaya gandul dan  hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng, disebut pepaya carica. Pepaya carica dibuat manisan dan sirup pepaya carica sebagai oleh-oleh khas Wonosobo. Pepaya carica buahnya lebih kecil ukurannya dibandingkan pepaya lainnya.

Menurut klasika kesehatan, mengonsumsi pepaya berlebihan juga tak baik dan memicu karotenemia. Segala sesuatu berlebihan dari pepaya karena mengandung karoten. Karena itulah, kita konsumsi pepaya secukupnya saja agar terhindar dari karotenemia, yaitu telapak kaki dan tangan berubah menjadi kekuningan, namun bersifat sementara.