Banyak orang yang sudah tahu sumber penyakit namun tidak menyadari adanya gangguan kesehatan pada tubuhnya. Penyakit bisa datang dari  hal yang terkesan remeh,  tetapi jika tak ditangkal sejak awal bisa berakibat fatal. Sumber penyakit datang karena tubuh sudah lelah karena habis kerja berat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

Masih terbayang pada ingatan beberapa waktu lalu, seorang pekerja di bidang periklanan meninggal akibat bekerja maraton selama  30 jam tanpa henti. Memang profesi di bidang media massa sering bekerja tanpa mengenal jam kerja layaknya pekerja kantoran yang dipatok sekitar 8 jam. Para  pekerja di bidang media massa terpaksa kerja lembur, bahkan di saat orang sudah berangkat ke peraduan, mereka  masih asyik dengan pekerjaannya.

Saya sendiri, sehat dengan reiki pernah melakukan pekerjaan yang sama di awal tahun 79 saat baru diterima bekerja di media televisi. Sering harus bekerja ke lapangan  jauh dari Ibukota Jakarta untuk acara pembuatan paket siaran. Di lapangan, kerabat kerja televisi sudah harus meninggalkan hotel jam 8 pagi dan pulang ke hotel jam 3 dini hari.

Memang menyenangkan kerja di bidang media massa, apalagi badan  masih kuat,  muda,  bersemangat dan penuh tantangan menyelesaikan pekerjaan. Kerja lembur mengejar target pekerjaan dilakukan setiap hari di  lapangan  hingga  produksi selesai dengan lama pekerjaan mulai jam 8 pagi hingga jam 3 dini hari hari berikutnya. Jelas pekerjaan lembur seperti ini  identik dengan kerja pada malam hari dan  tidak tahu resikonya kelak jika tubuh sudah masuk manula.

Kerja lembur sudah biasa bagi pekerja film atau sinetron. Dari pagi, siang, sore, malam, dan berakhir dinihari shooting berjalan.

Kerja lembur sudah biasa bagi pekerja film atau sinetron. Dari pagi, siang, sore, malam, dan berakhir dinihari harus dijalani setiap hari kerja. Tentu saja pekerjaan ini termasuk lembur. Di tahun 70-80 an shooting menggunakan peralatan film, termasuk paska produksi, yaitu editing,mixing, dan prosesing di laboratoriom film.

Namun dengan mengikuti gaya hidup sehat, tak ada salahnya membagikan hasil riset dari mancanegara yang mengabarkan, bahwa bekerja pada malam hari bisa meningkatkan risiko kanker dan diabetes. Untuk mencegah supaya badan tetap  sehat terhindar dari kedua penyakit modern jaman sekarang,  ialah pola hidup sehat menyangkut pola makan sehat, aktivitas sehat, dan pikiran sehat. Untuk itulah istirahat cukup sudah jadi kebutuhan mengingat sudah tak ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan saat ini.

Sebagai gantinya kita kembali menekuni hobi lama yang tertunda, yaitu rajin berolahraga dan tentu saja praktek reiki untuk memproteksi tubuh dari serangan penyakit. Kenapa reiki? Sebab dengan praktek reiki  ibarat kita memegang perisai  untuk jaga diri  dalam menghalau penyakit yang akan menyerang  tubuh.

Sekalipun sudah ada BPPS Kesehatan – Askes, pengetahuan akan kesehatan harus terus menerus dipelajari, mengingat penyakit modern  bisa setiap waktu datang tanpa kulo nuwun lagi. Lebih baik mencegah datangnya penyakit daripada mengobati jika sudah terlanjur sakit. Orang sehat tidak harus selalu mengonsumsi obat-obatan akan tetapi bagaimana membuat badan tetap sehat, bugar dalam keseharian terlepas dari konsumsi obat-obatan kimia.

Para peneliti mengatakan, jam kerja yang panjang bisa membebankan ribuan karyawan untuk terkena risiko serangan jantung dan stroke.

Para peneliti mengatakan, jam kerja yang panjang bisa membebankan ribuan karyawan untuk terkena risiko gangguan kesehatan, jika  kurang istirahat saat libur kerja.

Kembali ke masalah kerja lembur, memang peluang untuk istirahat  cukup dan berkualitas tak terpenuhi. Akibatnya sering terjadi kesulitan tidur alias insomnia. Dampak lainnya, pekerja bisa mengidap depresi menyangkut ketidakstabilan emosi karena waktu istirahat tak berkualitas.

Untuk itulah mari hidup sehat tanpa menunda-nunda lagi termasuk memanfaatkan waktu tidur berkualitas jika saat ini kita masih sering kerja lembur. Jika mata  mengantuk segera tidur, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Konsumsi kafein berlebihan masuk tubuh boleh jadi akan memicu berbagai penyakit.