Hiu putih besar pejantan butuh waktu 26 tahun untuk  mencapai kematangan seksual. Hiu betina bahkan memerlukan waktu 33 tahun untuk siap memiliki bayi. Hasil riset terbaru itu menunjukkan waktu dewasa hiu jauh lebih lama dari estimasi sebelumnya, yakni 7-13 tahun bagi betina dan 4-10 tahun bagi pejantan.

Temuan itu menyadarkan bahwa perkembangan populasi hiu amat lambat sehingga rentan terhadap ancaman. Hiu putih besar itu sulit dipelajari. Ilmuwan umumnya mempelajari fauna itu dari hiu mati dan pengamatan di laut.

Dr Lisa Natanson, peneliti hiu saat memperlihatkan temuan hiu putih besar beberapa waktu lalu.

Dr Lisa Natanson, peneliti hiu saat memperlihatkan temuan hiu putih besar beberapa waktu lalu.

Sejak 1920, ilmuwan biologi kelautan memperkirakan usia hiu putih besar dengan menghitung lingkaran-lingkaran di tulang belakangnya, tetapi pengukuran itu terkendala tak jelasnya lingkaran. Sejumlah teori menyebut populasi hiu turun karena makanan dan imigrasi.

” Sampai saat itu kita tak tahu penyebab penurunan populasi hiu, ” kata Lisa Natanson, peneliti hiu pada National Oceanic and Atmospheric Administration Northeast Fisheris Science Center, Jumat ( 20/2 ). Riset Natanson dan tim,  dalam jurnal PLOS One, memakai dokumentasi tes nuklir pada 1950 -an dan 1960 – an, serta menganalisis isotop radioaktif carbon-14 pada makhluk laut.

Sumber : Kilas Iptek / Live Science / ICH