Para pejabat India tampaknya ingin memastikan satu hal, pohon yang ditanam Presiden AS Barack Obama di New Delhi tiga pekan lalu masih hidup. Hanya memang kelihatan mati. Pohon peepal alias pohon bodhi yang ditanam Obama semula rimbun saat baru ditanam ketika Obama berada di New Delhi.

Kedatangan Obama saat itu untuk memperingati hari kemerdekaan India bersama Presiden Mohandas K Gandhi. Namun, Kamis lalu pohon bodhi itu hanya tinggal punya satu lembar daun dan kering seperti mati. Gundulnya pohon bodhi itu membuat para pejabat India tak bisa tidur.

Inilah momen yang tertangkap kamera ketika Presiden AS Barack Obama bersama Presiden India Mohandas K Gandhi menanam pohon peepal atau pohon bodhi ketika Obama berada di New Delhi untuk memperingati hari kemerdekaan India.

Presiden AS Barack Obama bersama Presiden India Mohandas K Gandhi menanam pohon peepal atau pohon bodhi.  Obama berada di New Delhi untuk memperingati hari kemerdekaan India.

pohon Bodhi dikenali dari daunnya yang berbentuk hati, dan biasanya ditunjukkan dengan nyata. Pohon-pohon Bodhi biasanya ditanam di dekat setiap biara Buddha.

Pohon Bodhi dikenali dari daunnya yang berbentuk hati, dan biasanya ditunjukkan dengan nyata. Pohon-pohon Bodhi biasanya ditanam di dekat setiap biara Buddha. ( Wikipedia Indonesia )

Media India pun terus mengecam dengan pemberitaan bahwa para pejabat tidak becus menjaga pohon sehingga nyaris mati hanya kurang dari satu bulan sejak kunjungan Obama. Kenyataannya pohon bodhi memang rontok daunnya pada pekan-pekan ini. ” Ini fenomena musiman, ” ujar ahli tanaman BC Katiyar.

Pohon bodhi atau Ficus religiosa merupakan pohon suci bagi sebagian masyarakat Asia. Pohon itu diyakini sebagai tempat sang Budha bersemedi dan mendapatkan pencerahan ilahi pada 589 SM. Pohon ini dipandang suci oleh penganut agama Hindu, Buddha, dan Jainisme.

AP / JOY / Foto by AP.