Anda lupa mengingat detail film yang ditonton, pekerjaan yang dilakukan, atau catatan kuliah? Cobalah tutup mata sejenak dan buat diri Anda nyaman. Berdasarkan penelitian tim dari University Surrey, Inggris yang dipimpin Robert Nash, teknik itu mampu membuat seseorang lebih baik mengingat detail hal-hal yang sudah dilakukan.

” Temuan ini memperkuat temuan sebelumnya bahwa menutup mata membantu seseorang menghilangkan gangguan yang membuat mereka sulit mengingat, ” katanya kepada BBC, Jumat ( 16/1 ). Menutup mata membantu seseorang memvisualisasikan rincian segala sesuatu yang mereka coba ingat. Selain itu, menutup mata juga bisa digunakan untuk mengingat informasi audio.

Pikun bisa terjadi di masa muda. tanda-tanda penurunan daya ingat di usia dini. Namun jangan khawatir, ada satu cara mudah untuk mencegahnya, yaitu cukup dengan memejamkan mata. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey Inggris yang mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.

Pikun bisa terjadi di masa muda yang ditandai  penurunan daya ingat di usia dini. Ada satu cara mudah untuk mencegahnya, yaitu cukup dengan memejamkan mata. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey Inggris yang mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.

Namun, selain menutup mata, temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Legal and Criminological Psychology itu juga mensyaratkan perlunya rasa nyaman dengan seseorang yang menanyakan hal detail itu. Sebab, proses uji teknik itu dilakukan dengan sistem wawancara yang menuntut adanya rasa nyaman dengan pewawancara.

Oleh karena itu, Guru Besar Psikologi Eksperimen University Plymouth, Inggris, Tim Hollins menilai teknik menutup mata itu bisa dimanfaatkan polisi untuk menginterogasi tersangka/saksi guna memperoleh data detail.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW / Picture Thinkstock.