Gambar yang disediakan Kementerian Kebudayaan Yunani dan dipublikasikan hari Minggu ( 2/10 ) ini merupakan lantai mozaik yang rusak sebagian pada bagian dalam makam Yunani kuno. Makam menggambarkan seorang pengendara kereta, dua kuda, dan dewa Yunani, Hermes. Para arkeolog menggali melalui kuburan kuno di Amphipolis, Yunani utara.

Saat penggalian tim arkeolog menemukan mozaik berukuran 3 meter x 4,5 meter. Mozaik itu kemungkinan merupakan bagian depan ruang pemakaman utama. Para arkeolog memperkirakan makam tersebut mungkin dibangun khusus untuk seseorang yang sangat penting melihat dari segi ukurannya.

Kompleks makam di Amphipolis baru digali sebagian sejauh ini.  Penggalian dimulai Agustus lalu dan sejauh ini penggalian baru mencakup sebagian kompleks makam.

Kompleks makam di Amphipolis baru digali yang dimulai Agustus lalu. Sejauh ini penggalian baru mencakup sebagian kompleks makam.

Mozaik tersebut tersusun indah dari potongan kecil batu putih, hitam, biru, merah, kuning, dan abu-abu yang menggambarkan sebuah kereta yang ditarik oleh dua kuda putih yang dikemudikan oleh Pluto yang tergambar sebagai pria berjanggut dan mengenakan mahkota.

Mozaik tersusun indah dari potongan kecil batu putih, hitam, biru, merah, kuning, dan abu-abu.  Lukisan mozaik menggambarkan sebuah kereta yang ditarik oleh dua kuda putih yang dikemudikan oleh Pluto yang tergambar sebagai pria berjanggut dan mengenakan mahkota.

Bangunan diperkirakan berasal dari akhir Abad ke-4 Sebelum Masehi sehingga memunculkan spekulasi makam diperuntukkan bagi istri Aleksander Agung dari Makedonia. Makam mempunyai lingkar 500 meter yang dikatakan sebagai makam terbesar yang pernah ditemukan di Yunani selama ini.

Sumber : Kilas Iptek / AP /Sci-news.com.