Bekerja harus all out untuk semua orang tanpa kecuali. Artinya jika seseorang bekerja pada  bidang tertentu, dia juga harus bisa  menangani pekerjaan lain yang bukan bidangnya. Tentu saja ini sangat melelahkan apalagi satu pekerjaan saja sudah  menguras tenaga, apalagi jika harus menangani pekerjaan lain.
Kondisi bekerja all out inilah yang sekarang ini sedang diterapkan di perusahaan koran Orange County Register di California, Amerika Serikat. Ketentuan bekerja rangkap berlaku untuk pelamar baru yang mengambil bidang mencari berita alias wartawan di perusahaan koran tersebut. Saat melamar kerja di koran itu, tak satu wartawan pun yang menyangka, bahwa mereka diminta ikut mengantarkan koran kepada pelanggan.

Kenyataan ini harus mereka terima dengan lapang dada, karena Orange County Register mengalami kesulitan  keuangan parah. Pekan lalu, manajemen menyerukan kepada semua  karyawan,  termasuk wartawan untuk  mengantarkan koran terbitan Minggu ( 16/11 )  kepada pelanggan. Selain karena masalah keuangan yang dipicu oleh anjloknya oplah koran, karyawan diminta mengantar koran karena kontrak distribusi koran antara Orange County Register dan Los Angeles Times telah berakhir.

 

Tireless Ted: After 68 years and 500,000 papers delivered Tired Ted sudah bekerja selama 68 tahun sebagai loper koran di Ted Ingram's newspaper.

Tired Ted sudah bekerja selama 68 tahun sebagai loper koran di Ted Ingram’s newspaper dengan berjalan kaki.

Tahun 1942 Ted mengawali pekerjaannya sebagai loper koran.

Tahun 1942 Ted muda mengawali pekerjaannya sebagai loper koran. Sudah 500 ribu koran dia serahkan ke pelanggan  tanpa mengeluh.

Saat musim dingin tiba dan adanya badai salju, membuat Ted kerja hati-hati. Koran cukup dia selipkan ke kotak pos atau ditaruh di beranda depan rumah pelanggan.

Saat musim dingin tiba dan adanya badai salju, membuat Ted kerja hati-hati. Koran cukup dia selipkan ke kotak pos atau ditaruh di beranda depan rumah pelanggan.

Wartawan muda dan tua di Koran mulai sekarang harus bekerja rangkap. Semula mencari, menyunting berita, sekarang koran jadi juga harus diantarkan ke pelanggan.

Wartawan muda dan tua di Koran Orange County Register, mulai sekarang harus bekerja rangkap. Semula mencari, menyunting berita, sekarang koran juga harus diantar ke pelanggan.

Di akhir kontrak, harian ini bahkan berutang 2,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 30,25 miliar. Untuk memotivasi wartawan dan karyawan lainnya  mau menjadi loper koran, manajemen Orange County Register mengiming-imingi voucher 150 dollar AS alias Rp 1.815.000 jika mereka bisa mengantar 500 hingga 600 koran. Kalau begitu lebih enak mana, jadi wartawan atau loper koran ?

Mungkin ada yang menjawab, lebih enak jadi wartawan  karena bisa kemana-mana dengan gratis, diundang meliput dan  pulangnya diservis oleh panitia yang menjadi sumber berita. Sedangkan menjadi loper koran, sialnya sering dimarahi pelanggan jika terlambat mengantar koran. Lebih sial lagi sering juga dikejar anjing galak si pelanggan koran.
Reuters / ATO.