Dari kejauhan,  mereka seperti barisan semut sedang memanjat menara menuju langit. Belasan anggota Perhimpunan Pendaki Cerobong asal Ceko itu sedang mendaki cerobong asap setinggi 60 meter di bekas pabrik tekstil di Dolni Smrzokka, Ceko, Sabtu pekan lalu ( 2/10 ). Bagi mereka, olahraga luar ruang lainnya terlalu mainstream karena itulah memanjat cerobong asap punya sensasi ketegangan sendiri.

Selain menghadapi ketegangan saat memanjat cerobong asap, pendaki juga akan memperoleh bonus pemandangan alam yang juga luar biasa indahnya saat sudah sampai puncak cerobong asap. Rentang usia para pemanjat cerobong ini pun terbilang ekstrem tak mengenal fisik sesuai dengan usia si pemanjat. Ada yang telah berusia 76 tahun, mantan atlet atletik nomer track and field, sebagai pemanjat tertua dalam rombongan.

Dalam gambar ini diambil pada Sabtu 27 September, 2014 di Smrzovka , Republik Ceko , Jiri Chudoba bersiap untuk memanjat cerobong 58 meter tinggi dan 100 tahun dari bekas pabrik tekstil .

Dalam gambar yang diambil pada Sabtu 27 September, 2014 di Smrzovka , Republik Ceko , Jiri Chudoba bersiap untuk memanjat cerobong setinggi 58 meter dari bekas pabrik tekstil berusia 100 tahun .

Sedangkan yang paling muda bocah berusia 8 tahun. Mereka mengatakan, ” Sangat menyenangkan memanjat cerobong asap ini dan bisa memandang sekeliling saat langit cerah, ” kata Jiri Chudoba, pengurus perhimpunan. Selanjutnya perhimpunan ini berencana memberikan piala kepada anggotanya yang mampu memecahkan rekor total panjatan 23.000 meter dalam 330 hari milik Chudoba.

Saat ini di Cheko banyak berdiri perkumpulan pendaki cerobong dengan anggota sekitar 1.000 orang. Mereka berupaya mendaki tiap hari di semua cerobong di negara itu. Mereka juga membuat basis data cerobong di seluruh negeri yang jumlahnya hampir 10.000 unit. Tampaknya olahraga luar ruang memanjat cerobong asap,  sudah jadi kegiatan rutin pencinta olahraga petualangan di Ceko.

Reuters / JOY/ AP Photo/ Petr David Josek .