Selama ini obat bagi pasien alopecia areata, penyakit autoimun yang membuat hilangnya rambut di seluruh tubuh, hanya menghentikan proses hilangnya rambut, tetapi tak bisa menumbuhkannya lagi. Studi terbaru pemakaian obat ruxolitinib pada pasien myelofigrosis ( gangguan sumsum tulang serius ) tiap hari selama 4 – 5 bulan menunjukkan, rambut di semua bagian tubuh yang tercerabut tumbuh lagi.

Temuan itu menawarkan obat baru yang belum dicoba kepada pasien alopecia areata. ” Uji klinis tambahan diperlukan untuk menguji efektivitas obat itu bagi pasien alopecia aerata, ” kata profesor dermatologi dan genetika di Pusat Kedokteran Universitas Colombia, New York, AS, Angela M Christiano, Minggu ( 17/8 ).

Karena Rambut adalah identitas diri untuk setiap PRIA, WANITA bahkan ANAK. Pada saat KEBOTAKAN terjadi maka dipastikan KEPERCAYAAN DIRI KITA akan turun secara drastis.  Setiap bulan Kasus kebotakan terus meningkat terutama untuk Pria dan Wanita yang berada di kota-kota besar, dimana di kota besar.

Rambut adalah mahkota penghias kepala bagi pria, wanita, dan anak. Pada saat  terjadi kebotakan, maka dipastikan rasa percaya diri akan turun secara drastis. Setiap saat kasus kebotakan terus meningkat terutama untuk pria dan wanita yang tinggal di pedesaan bahkan berada di kota-kota besar.

Tidak usah malu jika mulai terjadi penipisan tumbuhnya rambut di kepala mengarah kebotakan. Ada solusi membuat rambut tumbuh subur kembali.

Tidak usah malu jika mulai terjadi penipisan tumbuhnya rambut di kepala mengarah kebotakan. Ada solusi membuat rambut tumbuh subur kembali.

Penyakit alopecia aerata ditandai tercerabutnya sebagian kecil rambut di kepala dan merembet ke seluruh tubuh dengan pola tak terduga. Kondisi antarpenderita amat berbeda. Penderita umumnya mengalami gangguan psikologi dan emosional.

Hilangnya rambut terjadi saat 1 set sel T ( sel sistem kekebalan tubuh yang membawa sel penyakit ) menyerang bagian dasar folikel rambut. Ruxolitinib menyerang sel T dari kulit kepala sehingga rambut pasien myelofibrosis tumbuh. Bagaimana pun rambut perlu dipelihara agar tumbuh sehat demikian pula bagi pria berjanggut lebat bisa ikut kontes janggut.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / MZW.