Tekanan yang dilakukan ular untuk melilitkan tubuhnya pada batang pohon lima kali lebih kuat dibandingkan besar tekanan yang diperlukan ular agar tidak jatuh. Hasil riset itu menunjukkan, ular mengutamakan faktor keselamatan dengan tidak menoleransi risiko jatuh. Pertimbangan keselamatan lebih tinggi dibandingkan efisiensi energi yang biasa dilakukan mahkluk hidup.

ular juga takut jatuh. Manakala seekor ular menjalar ke sebatang pohon, ular tersebut akan membelit batang pohon tersebut lima kali lebih kencang, demikian temuan sebuah kajian di Amerika Serikat.

Ular juga takut jatuh. Saat seekor ular menjalar ke sebatang pohon, ular tersebut akan membelit batang pohon tersebut lima kali lebih kencang, demikian temuan sebuah kajian di Amerika Serikat, oleh ahli biologi Dr. Greg Byrnes.

Pengukuran besaran tekanan otot ular itu memaksa sensor yang dipasang pada pipa dan ditutup dengan grip raket tenis. Hasil riset itu dipublikasikan dalam jurnal Biology Letters dan dimuat pada Selasa ( 19/9 ). ” Perilaku amat menarik, hewan memilih melakukan lebih dari yang mereka perlukan, ” kata Dr Greg Byrnes, akademisi yang melakukan riset di Universitas Cincinnati dan kini mengajar di Siena College di New York, AS.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / ICH.