Kegemukan ternyata bisa memicu kanker. Menurut pantauan kesehatan pada 8 juta warga Inggris selama tujuh tahun, makin banyak jumlah orang gemuk, makin tinggi jumlah kasus kanker yang teridentifikasi. Studi yang dipimpin  peneliti dari Sekolah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Tropis, London, Inggris, Krishnan Bhaskaran, menunjukkan, kelebihan berat badan meningkatkan risiko 10 jenis kanker yang paling banyak diderita orang.

Jenis kanker yang paling berisiko diderita seseorang setiap kelebihan berat badan 13 – 16 kilogram dari berat badan rata-rata orang dewasa adalah kanker rahim tertinggi, kantung empedu, ginjal, leher rahim  ( serviks ), tiroid, dan leukemia ( paling rendah ). Sementara itu orang yang memiliki indeks massa tubuh ( IMT ) besar berisiko menderita kanker hati, usus besar, indung telur, dan payudara ( paska menopause ).

Studi banyak menyinggung kegemukan pada orang yang tak bisa mengontrol berat badannya, punya resiko terkena berbagai macam penyakit.

Studi kesehatan banyak menyinggung kegemukan pada orang yang tak bisa mengontrol berat badannya, punya resiko terkena berbagai macam penyakit, mulai yang ringan hingga berat seperti kanker. Karena itu lebih baik mengontrol berat badan, memilih jenis makanan sehat, aktif berolahraga dan pola pikir positif.

Hubungan kegemukan tak terkait kanker. Pada sejumlah kasus, IMT tinggi berisiko lebih rendah pada kanker prostat. ” Hubungan IMT dengan kanker dipengaruhi jenis kanker, ” kata Krishnan, Rabu ( 13/8 ).

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.