Di Jepang yang dikenal dengan sebutan negeri Matahari Terbit dengan teknologi tinggi toilet pintarnya, saat ini sedang menggelar pameran soal canggihnya alat bantu buang hajat manusia, yaitu toilet. Pameran ini menampilkan perosotan berbentuk toilet raksasa yang menarik perhatian warga Tokyo Jepang.

Kegembiraan adanya replika toilet pintar raksasa, membuat anak-anak yang memakai topi berbentuk poo, meluncur dengan penuh ceria pada toilet setinggi 5 meter. Inilah yang ditampilkan dalam Journey of Poo di Museum Nasional Sains dan Inovasi. Tujuan pameran yang dimeriahkan juga dengan paduan suara tersebut untuk mendidik pengunjung soal pembuangan kotoran manusia.

Soal pembuangan kotoran manusia selalu dikaitkan dengan kesehatan dan limbah buangannya. Selain itu ada pula model berkostum toilet yang mempertanyakan apa yang akan terjadi jika tak ada toilet di dunia ? Pertanyaan ini sebenarnya sudah mendapatkan jawaban pada kelompok orang yang sebelum mengenal toilet sudah memanfaatkan sungai untuk buang hajat.

Toilet raksasa salah satu yang dipamerkan, mengundang bocah-bocah untuk bermain perosotan ke dalam wadahnya.

Toilet raksasa salah satu yang dipamerkan, mengundang bocah-bocah untuk bermain perosotan lalu meluncur masuk ke dalam wadahnya.

Anak-anak selain bermain perosotan juga dipersilahkan membentuk poop mereka dengan lilin mainan. Sementara pengunjung dewasa yang menggandeng pasangannya menikmati kencan yang tak lazim. Pasangan kencan ini mengambil topi berwarna coklat dan meluncur masuk toilet raksasa.

Di dalam toilet raksasa tebak saja apa yang dilakukan pasangan kencan ini. Barangkali mereka sedang berpikir seandainya dirinya menjadi limbah buangan manusia yang setiap hari digelontorkan masuk ke toilet, mau tidak mau harus bergumul dengan kotoran. Kalau sudah begitu dapat dibayangkan, tubuh mereka akan bau tidak wangi.

AFP.