Selalu digaungkan sebagai salah satu sumber gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, nyatanya masih banyak yang mengaku tak suka buah. Padahal kalau dicermati dengan seksama, penganan ini termasuk jenis yang bersahabat untuk segala usia. Mulai dari balita, remaja hingga lansia pasti pernah merasakan buah dan mengatakan suka.

Beberapa manfaat yang bisa dipetik dari kita rajin mengonsumsi buah antara lain:

MENGHINDARI OBESITAS.

Obesitas kini menjadi momok dalam perkembangan generasi muda, khususnya di benua Paman Sam. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Public AS, 16 persen dari anak usia 6-19 tahun mengalami obesitas. Resiko obesitas bagi tubuh selalu dikaitkan dengan diabetes tipe dua dan kolesterol tinggi.

Kurangnya aktivitas anak menjadi salah satu penyebab ditambah pola makan yang tak sehat. Dengan memperbanyak buah dan sayur tentunya dalam pola diet harian amat diperlukan sebagai pengganti makanan yang mengandung banyak gula dan lemak. Menurut Laras Keluarga, kandungan dalam buah dan sayur bersifat rendah lemak, tetapi tinggi kalori.

Mengonsumsi buah-buah secara rutin juga mencegah anak mudah lapar dan memiliki kebiasaan ngemil yang berbahaya bagi kesehatan.

Setiap organ tubuh dapat bekerja maksimal asalkan peredaran darahnya lancar, termasuk otak dan jantung. Nah, meski alpukat termasuk mengandung banyak lemak, orang tua tak perlu khawatir karena lemaknya termasuk menguntungkan, ia melancarkan peraliran darah dan memicu pertumbuhan sel otak.     Sehari, cukup berikan 1/4 alpukat untuk si Kecil. Penyajianya bisa langsung, dipping atau jus dengan gula palem.

Setiap organ tubuh anak dapat bekerja maksimal asalkan peredaran darahnya lancar, termasuk otak dan jantung. Nah, buah alpukat salah satunya  mengandung banyak lemak. Perlu juga dikonsumsi anak karena alpukat, melancarkan peraliran darah dan memicu pertumbuhan sel otak.
 

PENCERNAAN BAIK.

Konsumsi makanan yang tinggi serat amat berguna untuk membantu sistem perncernaan berjalan baik. Anak-anak pun terhindar dari masalah konstipasi. Sistem pencernaan yang baik akan berpengaruh terhadap kinerja metabolisme tubuh secara keseluruhan.

IMUNITAS TUBUH.

Buah-buahan kaya akan vitamin A, B, C, D tergantung dari jenisnya yang dibutuhkan untuk membangun sistem imunitas tubuh yang baik. Vitamin C juga bekerja untuk meningkatkan stamina dan sumber antioksidan yang diperlukan tubuh.

Pola makan sehat diperlukan untuk mencetak anak-anak yang sehat dan berkualitas. Berbagai hasil penelitian dalam jurnal kesehatan mancanegara maupun dalam negeri menyebutkan, kualitas kesehatan anak berpengaruh terhadap kualitas akademik. Anak jarang tidak masuk sekolah, akhirnya proses belajar pun menjadi lancar.

Sumber : Laras Keluarga / ADT.