Sebagai praktisi reiki level 3 biasanya sudah dikenalkan simbol reiki untuk pengiriman energi jarak jauh. Simbol yang dimaksud adalah HSZSN selain dipakai untuk penyembuhan jarak jauh, juga dipakai untuk pemograman energi agar terus bekerja ke pasien sekalipun praktisi reiki sudah tidak menyalurkan energi padanya. Dengan kata lain praktisi reiki mempunyai asisten yang membantunya terus mengirimkan energi reiki ke pasien sampai sembuh.

Simbol HSZSN mempunyai fungsi sebagai jembatan penghubung ruang dan waktu antara praktisi dengan pasien yang dikirimi reiki. Makna dari simbol itu tidak ada masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang.  Simbol ini menunjukkan relativitas ruang dan waktu dipakai untuk penyembuhan jarak jauh atau  masalah yang menyangkut waktu sebelum dan sesudahnya.

Di reiki tradisional seperti Usui, Tummo, G’Tummo simbol HSZSN dipakai untuk membuat program energi agar terus mengalir secara terus menerus atau kita batasi masa penyalurannya ke pasien. Sedangkan di Inti Reiki atau Kundalini Reiki, sebagai ganti simbol reiki digunakan rancangan afirmasi. Praktisi reiki tidak perlu menggambar simbol reiki tapi meniatkan agar reiki terus mengalir setelah sesi pengiriman reiki berakhir.

Program energi dengan simbol HSZSN diperkuat CKR mulai dilepas agar bekerja terus menerus ke pasien.

Program energi dengan simbol HSZSN diperkuat CKR mulai dilepas agar bekerja terus menerus ke pasien.

Cara membuat program dengan mengucapkan afirmasi saat praktisi reiki akan mengakhiri penyaluran reiki kepada pasien. Misalnya, kita ingin setelah pukul 22.00 wib energi reiki terus mengalir ke masing-masing pasien, maka afirmasinya, ”  Selesai penyaluran reiki, energi  reiki akan terus mengalir sampai esok hari. Energi reiki diperkuat sampai 100 kali lipat, mengalir ke masing-masing pasien dalam kondisi  tidur malam hari ini. “

Masih tersisa waktu 10 menit, kita khususkan program energi yang dikehendaki, kita kirimkan ke masing-masing pasien, sekalipun dia sudah tidak dalam posisi menerima reiki nantinya.  Posisi tetap sama dimana kedua telapak tangan kita mengarah ke layar komputer atau tidak, tak masalah bagi reiki untuk terus mengalir sebelum benar-benar kita off-kan. Setelah 10 menit berlalu tepat pukul 22.30 wib, maka energi reiki yang kita program akan bekerja dengan sendiri dan kita sudah mematikan layar komputer pergi tidur.