Mengonsumsi pil tomat sehari-hari bisa mencegah serangan jantung. Pil yang mengandung likopena, antioksidan alami dalam tomat sekaligus pemberi warna tomat itu. Juga meningkatkan fungsi pembuluh darah, tetapi tak menyebabkan kekakuan pembuluh darah, atau menambah kadar lemak dalam darah.

” Pil itu bukan pengganti pengobatan, melainkan  memberi manfaat tambahan saat dikonsumsi bersama obat lain, ” kata peneliti Joseph Cheriyan, Senin ( 9/6 ). Namun, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One itu menyebutkan, dibutuhkan riset lebih besar. Meski demikian, konsumsi tomat secara rutin diyakini mengurangi risiko penyakit jantung, pembuluh darah, ataupun kanker tertentu.

Mencegah penyakit jantung mampir ke tubuh sebenarnya tak butuh banyak biaya dan tenaga, cukup dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Namun sekelompok peneliti mencoba menciptakan cara efisien untuk ini, yaitu dengan pil tomat.

Jika Anda ingin sehat dalam usaha mencegah penyakit jantung, tak butuh biaya banyak juga tenaga.  Lakukan olahraga dengan rutin dan menjaga pola makan. Saat ini sekelompok peneliti mencoba menciptakan cara mencegah penyakit jantung, yaitu dengan pil tomat.

Kandungan likopena dalam tomat bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Antioksidan itu juga ditemukan pada semangka, pepaya, dan jeruk besar. Namun, kandungan likopena dari tomat berbeda, tergantung jenis dan cara mengolahnya.

Sumber : BBC / MZW.