Ada ungkapan  soal makanan yang masuk tubuh jika dikaitkan dengan kesehatan. You are what you eat, itulah ungkapan pendek tetapi mengena jika dikaitkan dengan penyakit akibat salah makan pada seseorang. Penelitian membenarkan ungkapan itu karena pengaruh makanan sangat besar terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh.

Karena salah makan bisa jadi penyakit, maka banyak orang yang  berpantang makan dengan cara menjadi vegetarian. Selain menjadi vegetarian ada pula yang memilih makanan organik. Mereka takut jika mengonsumsi sayuran dan buah hasil kebun, tetapi saat menanam  menggunakan pestisida.

Terkait makanan ada dua hal penting saat menyantap makanan, yaitu menu makanan seimbang dan meminimalkan masuknya bahan-bahan kimia dalam tubuh. Misalnya, mengonsumsi sayuran dan kacang-kacangan memang lebih sehat daripada daging karena minim kandungan kolesterol. Kolesterol hanya ada ada produk hewan, seperti daging, telur dan susu.

tinggi serat-infonews

Pesona wanita mengungkapkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan rendah kandungan lemaknya adalah resep paling baik dalam mengontrol diabetes. Selain itu riset kesehatan terhadap vegetaris menunjukkan, bahwa tingkat kematian akibat kanker hanya 1/2 sampai 3/4 dibandingkan populasi umum. Ini bukan berarti tidak boleh makan daging, tapi yang penting makanan seimbang.

Seimbang dalam hal kandungan protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral. Jika salah satu kurang, protein misalnya, makan Anda akan mudah sakit dan kulit jadi cepat tua, lantaran pergantian sel-sel baru berjalan lambat. Makan junk food misalnya, hamburger atau fried chicken sekali-kali tidak apa, asalkan diimbangi dengan makanan sayuran tinggi serat.

Images by : infonews.web.id