Mungkin Anda dan sehat dengan reiki pernah terbangun di tengah malam buta lalu merasakan salah satu lengan kaki kram. Tidur jadi terganggu karena rasa sakit akibat kram dan masih terasa hingga esok hari. Boleh jadi kram ini bersumber dari kelelahan akibat aktivitas sehari-hari atau tulang sudah kekurangan kalsium sehingga otot kaki tegang  mudah kram.

Karena kram sangat mengganggu dalam aktivitas keseharian tidak saja saat tidur malam hari, juga ketika tengah bekerja di siang hari, tentu membutuhkan perhatian ekstra keras mengatasinya.  Salah satu cara  mengatasi gangguan kram adalah dengan menarik bagian kram ke arah berlawanan dengan perlahan-lahan.  Tahan posisi tersebut selama beberapa detik sambil mengatur napas tenang untuk   mengendurkan otot yang tegang.

Setelah dirasa sakit mereda, kita lakukan pemijatan sekitar 10 – 15 menit di area kram sebagai solusi mengendurkan otot yang tegang, sekaligus memberikan kehangatan ekstra. Salah satu cara memberikan kehangatan, dengan menyalurkan reiki di sekitar area kram, jika yang kena kram seorang praktisi reiki. Jika orang awam yang tak kenal reiki, ada baiknya mengompres  menggunakan ice pack di sekitar area kram, bukan tepat di area kena kram.

Saat kram datang menyergap, otot menegang, betis menjadi keras. Untuk meredakannya, salurkan reiki ke area dekat kram. Biarkan hawa hangat menjalari bagian kram beberapa saat.

Saat kram datang menyergap, otot menegang, betis menjadi keras. Untuk meredakannya, salurkan reiki ke area sekitar kram. Biarkan hawa hangat menjalari bagian kram beberapa saat. Biasanya dalam waktu 15 menit otot yang semula tegang, tiba-tiba mengendor dan kram perlahan hilang.

Kram yang datang tiba-tiba bagai pencuri masuk rumah diam-diam, tindakan preventif  perlu diambil untuk mengurangi rasa sakit. Ada baiknya mandi atau berendam dengan air hangat setelah beraktivitas seharian setiap kali sebelum tidur malam. Tujuannya untuk mengendurkan seluruh otot yang tegang.

Menurut ragam info kesehatan, sebelum tidur melakukan peregangan dengan menghindari meluruskan ujung jari kaki saat peregangan. Kita usahakan kaki tetap hangat selama tidur, atau kita angkat kaki keduanya dengan menyandarkannya ke dinding. Tahan sebentar kedua kaki yang telah menyandar di dinding agar aliran darah tetap dalam kondisi lancar.

Jika olahraga sudah jadi bagian hidup sehat dalam keseharian, ada baiknya menyesuaikan jenis olahraga sesuai dengan umur orangnya. Misalnya, menghindari olahraga  atau aktivitas berat secara tiba-tiba. Ada baiknya sebelum olahraga dimulai kita melakukan pemanasan dan melakukan pendinginan setelah selesai berolahraga.

Setelah kram hilang, lakukan pemijatan di area sekitar kram agar otot kembali rileks, sembari menyalurkan reiki agar hawa hangat masuk ke area kram. Image by © Artiga Photo/Corbis

Setelah kram hilang, lakukan pemijatan di area sekitar kram selama 15 menit agar otot kembali rileks. Tambahkan penyaluran reiki agar hawa hangat masuk ke area kram. Image by © Artiga Photo/Corbis

Tujuan pemanasan dan pendinginan memberikan kesempatan  otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Pemanasan  dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur dengan melakukan senam kecil. Saat beraktivitas cukup lama perlu juga meregangkan otot, misalnya saat duduk di depan komputer, perlu mengimbanginya dengan berdiri lalu berjalan  di sekitar ruangan kerja atau di taman rumah.

Bagi saya pribadi pernah kram datang tiba-tiba di tengah malam, maka solusi jitu adalah membuat hangat di sekitar area kram dengan menyalurkan reiki kundalini. Kita pegang bagian yang kram dengan salah satu tangan, misalnya tangan kanan, lalu tangan kiri mengusap lembut di area sekitar kram sambil mengalirkan reiki. Jika kita perhatikan dengan seksama, otot yang tadinya tegang,  terasa keras  di area kram, tiba-tiba lembek, mengendor bagaikan tubuh ular yang menggelinjang.

Sumber : Info Kesehatan.

Iklan