Petugas konservasi Mesir menangani temuan di makam kuno dari masa 1.100 tahun sebelum Masehi yang ditemukan belum lama ini di situs arkeologi Saqqara, 30 kilometer di selatan Kairo, Mesir, Kamis ( 8/5  ). Kementerian Urusan Benda-benda Kuno Mesir menyatakan, Fakultas Arkeologi Universitas Kairo menyebut Saqqara, satu  bab pengetahuan tentang sejarah Saqqara.

Saqqara adalah nekropolis ( komplek ) pemakaman besar kota kuno Mesir. Memphis, sekaligus situs piramida tertua yang diketahui hingga kini di Mesir. Sejarah Memphis tak lepas dari peranan Raja Narmar dan Menez sebagai penguasa Mesir Kuno sekitar 3.100 SM. Memphis menjadi ibukota Mesir Kuno, karena banyak komplek makam terkait dengan Memphis.

Areal makam kuno Saqqara dalam penggalian oleh arkeolog

Penggalian areal makam kuno Saqqara oleh arkeolog Mesir.

Penggalian arkeologi yang dilakukan pada dua makam kuno di Saqqara mengungkap mumi ratu Mesir Kuno. Jasad yang terawetkan ditemukan di bawah salah satu   bangunan bawah tanah.

Penggalian arkeologi yang dilakukan pada dua makam kuno di Saqqara mengungkap mumi ratu Mesir Kuno. Jasad yang terawetkan ditemukan di bawah salah satu bangunan bawah tanah.

Hanya diterangi oleh obor dan cahaya kamera, pekerja Mesir menemukan sakrofagus berusia 2600 tahun, Mumi ini terbungkus kanvas, merupakan bagian dari penggalian arkeologi di kedalaman 36 kaki di bawah situs purba, Saqqara.

Hanya diterangi oleh obor dan cahaya kamera, pekerja Mesir menemukan sakrofagus berusia 2600 tahun. Mumi ini terbungkus kanvas, merupakan bagian dari penggalian arkeologi di kedalaman 36 kaki di bawah situs purba, Saqqara.

Seorang pekerja sedang membersihkan debu yang menempel pada relief di enam makam kuno yang baru dibuka untuk umum di New Kingdom Cemetery, Saqqara, Mesir.

Seorang pekerja sedang membersihkan debu yang menempel pada relief di enam makam kuno yang baru dibuka untuk umum di New Kingdom Cemetery, Saqqara, Mesir.

Egyptologists percaya bahwa Memphis pernah menjadi kota yang sangat besar di jamannya. Salah satu situs arkeologi yang paling penting dari Mesir adalah The Saqqara, merupakan area pemakaman dinasti pertama dari kerajaan Mesir Kuno. Periode ini merupakan periode kemakmuran dan kekayaan yang tercermin dalam struktur yang dibangun di era itu. Juga terdapat Piramida Raja Titi, makam Mereruka dan makam Kagimmi di areal ini.

AP.