Kosta Rika merupakan tempat yang paling diminati para peneliti biologi ataupun sebagai destinasi wisata lingkungan. Negara kecil di Amerika Tengah ini merupakan tempat keragaman hayati paling populer di muka bumi. Penemuan spesies serangga terbaru beberapa waktu lalu semakin menunjukkan kekayaan negeri itu.

Spesies terbaru tersebut ditemukan di Area de Conservation Quanacaste, di Kosta Rika. Penelitian biologi mutakhir yang dibantu penduduk lokal itu, membuat para peneliti berhasil mengindentifikasi 200 spesies baru Parasitic wasps ( tawon parasit ), jumlah yang setara dengan ulat bulu yang menjadi tuan rumahnya.

Tawon parasit sebagai kekayaan hayati bumi Kosta Rika di Amerika Tengah. PHOTOGRAPH BY JOSE FERNANDEZ-TRIANA.

Tawon parasit sebagai kekayaan hayati bumi Kosta Rika di Amerika Tengah. PHOTOGRAPH BY JOSE FERNANDEZ-TRIANA.

Parasitic wasp ( tawon parasit ) demikan spesies itu dinamai, bertelur di dalam telur ataupun larva spesies lainnya. Proses selanjutnya, larva parasit menetas di dalam tubuh si tuan rumah. Setelah menetas dibunuhnya untuk bisa tumbuh.

Tawon parasit berguna untuk mengontrol serangga-serangga yang mengancam pertanian. Para peneliti menemukan, tawon parasit menyuntikkan virus yang melindungi telur-telur mereka dari sistem imunitas si tuan rumah. Dalam tahun-tahun mendatang diperkirakan muncul 20.000 spesies baru wasps dan 15.000 spesies baru ulat bulu di Hutan Guanacaste.

Sumber : Geo Weeks.