Sebelum berbicara soal di mana, tentunya kita ingin mengetahui apa itu Europelta Carbonensis ? Dia adalah sejenis dinosaurus raksasa  memiliki tameng di tubuhnya,  bentuknya mirip kura-kura raksasa atau dikenal sebagai ankylosaurs.

Europelta Carbonensis ditemukan di pertambangan  batubara di timur laut Spanyol, yang pada zaman Cretaceous ( sekitar 100 juta lalu ), spesies yang tidak diketahui sebelumnya itu bermukim di rawa-rawa. Lokasi rawa merupakan tempat yang pas bagi ankylosaurs berkembang biak. Binatang jenis reptil ini masuk golongan herbivor.

Images Europelta Carbonensis Palaeontologists have uncovered a new species of tank-like dinosaur in a century-old Spanish coal mine. The new dinosaur has been named Europelta carbonensis

Images : Europelta Carbonensis yang hidup di zaman Cretaceous,100 juta tahun lalu,  saat benua Eropa masih bersatu dengan daratan Timur Amerika.

Earlier this week researchers unveiled two separate armoured dinosaurs discovered in the mine near the town of Ariño in north eastern Spain

 Awal pekan ini, tim peneliti menemukan potongan tulang dinosaurus di pertambangan batubara dekat kota Arino, timur laut Spanyol.

Sebab selain menjadi sumber makanan, rawa juga bisa menjadi tempat berlindung bagi reptil berkaki pendek ini. Nama Europelta Carbonensis berarti tameng Eropa dari tanah batubara, merujuk pada tempat ditemukannya fosil ini.

Europelta merupakan cabang dari ankylosaurs tetapi tidak memiliki ekor bergerigi yang merupakan karakter khas ankylosaurus. Spesies serupa juga ditemukan di Amerika Utara pada zaman  yang sama.

Hal ini menunjukkan bahwa benua tersebut masih belum terbelah. Apa yang saat ini disebut sebagai Eropa masih terhubung dengan bagian timur Amerika.

Sumber : Geo Week / Foto Daily Mail.