Masyarakat China yang tinggal di Malasia dan  Singapura mengenal tradisi bernama Yu Sheng. Tradisi ini dilakukan masyarakat China untuk menyambut tahun baru Imlek yang berhubungan dengan hidangan khusus di pergantian tahun. Tradisi ini dibawa oleh para nelayan dari China Selatan yang hijrah ke Semenanjung Malaysia pada abad ke – 19.

Yu Sheng dihidangkan sebagai makanan pembuka dan biasanya dimakan pada saat perayaan malam Imlek berlangsung.  Sesuai adat, menu ini wajib dihadirkan dan disantap dengan iringan doa syukur atas rezeki yang telah  diberikan .  Doa pengiring Ye Sheng bertujuan agar keluarga yang menyantap Yu Sheng mendapat rezeki yang lebih baik di tahun yang baru.

Irisan jeruk nipis mengiringi Yu Sheng sebagai bahan makanan ditambah jahe merah, jahe putih, wortel, lobak, kacang, manisan pepaya, serta wijen. Irisan tersebut kemudian dicampur dengan irisan ikan salmon segar. Paduan ramuan  tadi lalu dilumuri bumbu lada China dan terakhir dibalur dengan kayu manis, lada, saos plum dengan sedikit minyak sayur.

Jangan lupa untuk menambah meriah hidangan tersebut, tak lupa pula ditambah dengan taburan keripik. Miturut kepercayaan Tionghoa, ikan salmon melambangkan kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang menyantapnya. Uniknya tata cara menghidangkan Yu Sheng terletak pada saat semua bahan yakni ikan dan sayuran diaduk dengan saus.

Hidangan pembuka ini adalah sejenis salad ikan mentah gaya Chaozhou yang biasanya terdiri daripada potongan ikan salmon segar, salad, lobak putih, lobak merah, halia, parsli cina, potongan kacang tanah atau kacang tumbuk, biji bijan bakar, udang kering goreng dan hirisan mangga. Kuahnya pula diperbuat daripada sos pelam dan kadang-kala dicampur jus lemon.

Makanan tradisi sambut Imlek  Yu Sheng siap di meja makan.

Cara makannya unik karena harus diangkat tinggi di atas piring. Semakin tinggi Yu Sheng diangkat, semakin baik pula peruntungan di tahun yang baru. Mengaduk Yu Sheng harus bersama-sama oleh orang yang duduk satu meja sambil saling mengucapkan  selamat tahun baru Imlek.

Tradisi mengaduk Yu Sheng dengan mengangkatnya setinggi-tinggi semua bahan yang telah dicampur tersebut disebut lo hei. Tradisi yang berkembang di Malaysia dan Singapura ini pun lalu menyebar ke Indonesia. Umumnya Yu Sheng dihidangkan di rumah dan dimakan bersama-sama anggota keluarga.

Damai dan aman untuk Indonesia Raya.

Damai dan aman untuk Indonesia Raya.

Akhirnya dalam suasana meriah sambut tahun baru Imlek 2014  sehat dengan reiki kundalini mengucapkan Gong Xi Fa Cai 2565. Xin nian kuai le, zhu ni shenti jiankang quanijia xing fu, washi ruyi, bagi sahabat pembaca blog yang tengah merayakannya.

Tetap sehat di tahun baru Sio Kuda Kayu. Jangan lupa terus mengupayakan hidup sehat dan bugar dalam keseharian, sebagai wujud mensyukuri nikmat hidup dari Tuhan YME.

Sumber tulisan : Ragam Info Tradisi.