ALIRAN LISTRIK.

Anda melihat tayangan televisi nasional minggu kemaren yang menayangkan gambar banjir di Jakarta ? Dalam tayangan tersebut selalu terselip suasana riang gembira anak bermain air banjir. Sementara visual lain menggambarkan suasana perkampungan yang kelelep air banjir bahkan hingga ada yang sampai ke atap rumah.

Banjir bagaimanapun selalu menyisakan kepedihan bagi warga yang kena musibah. Sementara tim relawan bekerja keras menolong warga mengungsi, bantuan kepada korban banjir terus mengalir ke tenda pengungsian. Tim kesehatan yang terdiri dokter, perawat dan PMI bekerja keras merawat pengungsi yang terganggu kesehatannya.

Saat air mulai naik ke permukiman, tindakan aman adalah mengungsi.

Saat air mulai naik ke permukiman, tindakan aman adalah mengungsi.

Genangan air yang terus meninggi, menambah berat beban yang harus ditarik jika penumpang perahu banyak.

Genangan air yang terus meninggi, menambah berat beban perahu yang harus ditarik, jika penumpang banyak.

Memang banyak hal yang perlu diwaspadai saat banjir datang. Harta benda yang hanyut diseret banjir,  tentu membawa kesedihan tersendiri bagi korban banjir. Selain menyelamatkan harta benda yang masih belum tersentuh banjir, menyelamatkan nyawa sendiri dan keluarga juga orang lain perlu dilakukan di lokasi bencana.

Mengingat genangan air banjir  selain membawa berbagai macam kuman penyakit, yang tak kalah ngerinya jika ada binatang melata seperti ular ikut merayap dalam air. Selain itu pula, aliran listrik dalam kawasan banjir membawa masalah sendiri bagi keselamatan banyak orang jika air terus merayap tinggi. Untuk itu segera mengungsi dan amankan barang berharga, seperti surat-surat penting agar tidak ikut terendam.

Yang berbahaya jika genangan air ada aliran listriknya. Air menjadi media penghantar listrik.

Yang berbahaya jika genangan air ada aliran listriknya. Air menjadi media penghantar listrik.

Karena itu turunkan tombol utama di meteran listrik agar jaringan listrik di rumah yang mulai kemasukan air agar aman dari arus listrik.

Karena itu turunkan tombol utama di meteran listrik agar jaringan listrik di rumah yang mulai kemasukan air aman dari arus listrik.

Saat banjir datang yang perlu diwaspadai adalah sengatan aliran listrik yang membahayakan jiwa. Mengingat aliran listrik mudah merambat di air, maka perlu hati-hati saat melihat stop kontak listrik sudah didekati air banjir. Segera turunkan tombol ( switch off ) di meteran listrik agar jaringan listrik di rumah aman, sementara menunggu tindakan PLN memadamkan listrik di areal banjir.

Sengatan listrik karena merambat di air banjir tentu membahayakan orang banyak, khususnya ke organ jantung dan saraf. Juga berdampak buruk pada organ hati, pankreas, ginjal, saluran cerna, pernapasan, luka bakar kulit, mata, dan telinga. Bahkan bisa meninggalkan trauma  psikis di kemudian hari pada orang yang tersengat listrik.

Menurut Ragam Langgam dalam ulasannya, sebuah penelitian menyebutkan, seorang dewasa hanya menggenggam listrik kemudian melepaskannya pada maksimal arus 16 miliampere. Sementara sengatan pada arus listrik lebih tinggi, korban akan membutuhkan pertolongan orang lain untuk melepaskan diri dari sumber listrik. Karena itu, saat banjir datang hindari sumber listrik pada saat air mulai menggenangi kawasan rawan banjir.