Hidup sehat dan bugar penting bagi setiap orang muda dan tua. Selain asupan gizi yang cukup, olah tubuh juga perlu dilakukan untuk membentuk tubuh lewat latihan gerak badan. Bagi yang punya duit bisa melakukan olah tubuh di tempat eksklusif alias terpandang dalam salah satu kawasan, sedangkan yang duitnya pas-pasan bisa melakukan olah tubuh di alam bebas.

Mengingat pentingya arti kesehatan tubuh dalam hidup ini, maka orang berlomba-lomba melakukan aktivitas olah tubuh. Bukan saat jelang lomba 17 Agustusan saja orang-orang berlatih olah tubuh, akan tetapi mereka sudah memulainya sejak masih muda usia. Dengan berolahraga alias olah tubuh, maka diharapkan tubuh jadi sehat dan bugar tahan uji dalam melawan penyakit.

Sebab, saat usia mulai merangkak naik, merangkak pula berbagai macam penyakit masuk tubuh seiring melemahnya daya tahan tubuh. Untuk melawan penyakit, mumpung masih muda, alangkah baiknya anak-anak membiasakan diri hidup sehat dengan berolahraga. Saat remaja beranjak dewasa, hormon tubuh, fungsi gerak dan motorik tubuh mengalami pematangan.

Jika ada biaya melatih otot agar lentur bisa dilakukan di tempat ini dengan bimbingan instruktur olahraga.

Jika ada biaya melatih otot agar lentur bisa dilakukan di tempat ini dengan bimbingan instruktur olahraga.

Olahraga luar ruang berjalan kaki untuk kesehatan jantung, bisa dilakukan sambil bercakap-cakap.

Olahraga berjalan kaki untuk kesehatan jantung, setelah capai, perlu relaksasi sambil bercakap-cakap soal Reiki.

” Usia muda  adalah usia dengan potensi terbesar untuk mencapai kapasitas paru-paru maksimal, sehingga  merupakan  usia yang sangat penting untuk membangun landasan stamina untuk umur hidup, ” kata binaragawan I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha alias Ade Rai. Untuk bugar dan sehat memang setiap orang  berbeda selera melakukan olahraga.  Ada jenis olahraga   tertentu perlu bimbingan agar tidak salah melakukannya yang mengakibatkan cedera, ada pula yang tidak perlu bimbingan, mengalir begitu saja .

Mumpung masih sama-sama sehat, mari menjaga kesehatan dengan baik. Sejatinya kesehatan adalah kekayaan non materi yang langsung berhubungan dengan tubuh, mental, emosional dan spirit. Tidak perlu membuang waktu untuk mengulur-ulur, kapan ya seharusnya orang mulai berolahraga ?

Mulailah sekarang membagi waktu dengan bijak antara olahraga, bekerja, istirahat dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, agar seimbang tidak ada yang dirugikan. Dengan berolahraga secara teratur, diharapkan kita menjadi pribadi yang bijak memaknai kesehatan agar hidup  lebih bermakna. Saya kira kita sudah sama-sama dewasa dan mengerti akan arti hidup sehat dalam keseharian.