Selain jantung koroner yang menjadi pembunuh nomer satu di dunia, yang tak kalah pentingnya menjaga kesehatan, adalah mengenal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Salah satu dampak dari radikal bebas dalam tubuh, adalah terjadinya risiko penuaan dini pada diri setiap orang dewasa.

Pada usia dewasa, secara perlahan sel dan organ tubuh pelan tapi pasti akan melemah daya kerjanya. Ibarat baterai handphone, lama kelamaan daya listrik untuk menggerakkan peralatan handphone melemah. Agar bisa tetap prima dalam fungsinya, maka baterai handphone perlu di-chas agar bisa dipakai untuk berkomunikasi.

Demikian halnya dengan fungsi organ tubuh dan sel yang lemah, maka manusia masuk usia 40 tahun harus waspada terhadap melemahnya fungsi sel dan organ tubuh. Agar tetap sehat maka diperlukan usaha, bagaimana caranya melawan radikal bebas yang masuk tubuh dan menjaga tubuh dengan asupan makanan yang mengandung antioksidan. Banyak jenis makanan yang mengandung antioksidan dan perlu kita konsumsi.

Meskipun saat ini suplemen penambah zat anti oksidan marak beredar di masyarakat, namun tetap saja mengonsumsi buah dan sayur adalah hal yang paling utama untuk meningkatkan zat anti oksidan di dalam tubuh Anda.

Saat ini banyak ditawarkan suplemen zat anti oksidan kepada masyarakat, namun lebih baik membiasakan diri makan buah dan sayur segar, untuk meningkatkan zat antioksidan dalam tubuh. Image : Merdeka.com

Proses penuaan dalam diri manusia berbeda satu sama lain. Ada yang mengalami proses penuaan dini lebih cepat dari usia sesungguhnya. Ada pula yang mengalami proses penuaan dini lebih lambat dalam arti awet muda sekalipun usia biologisnya sudah merangkak naik, masuk usia manula. Terjadinya penuaan dikarenakan sel-sel tubuh dirusak oleh serangan terus menerus dari partikel kimia dan oksigen radikal bebas, juga faktor alami dalam diri manusia menuju usia tua.

Yang lebih parah kerusakan organ tubuh akibat serangan terus menerus si radikal bebas, maka sulit disembuhkan jika sudah parah keadaannya. Karena itu, sedini mungkin kita harus melawannya dengan gaya hidup sehat, mencakup makanan sehat yang banyak mengandung antioksidanSelain itu lingkungan sehat jauh dari  paparan  udara kotor karena polusi pabrik, asap kendaraan, dan yang paling menyebalkan adalah asap rokok dari lingkungan terdekat.