Dua pilot maskapai penerbangan Southwest Airlines di AS dilarang terbang sementara setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang yang salah, Minggu ( 12/1 ). Pesawat Boeing 737-700 berisi 124 penumpang yang berangkat dari Chicago itu seharusnya mendarat di Bandara Branson di Branson, Missouri.

Namun, pilot  mendaratkan pesawat di lapangan terbang Taney County yang berjarak 11 kilometer dari Bandara Branson dan memiliki landasan pacu jauh lebih pendek. ” Selamat datang di Branson, ” ujar pilot mengumumkan begitu pesawat berhenti.

ebuah pesawat dari maskapai ternama Amerika Serikat, Southwest Airlines mendarat di bandara yang salah. Tidak diketahui pasti penyebab pesawat dari Chicago tujuan Branson, Missouri ini mendarat di bandara kecil, bukannya Bandara Branson yang menjadi tujuan utamanya.

Sebuah pesawat dari maskapai ternama Amerika Serikat, Southwest Airlines mendarat di bandara yang salah. Tidak diketahui pasti penyebab pesawat dari Chicago tujuan Branson, Missouri ini mendarat di bandara kecil, bukannya Bandara Branson yang menjadi tujuan utamanya. ( Getty Images )

Beberapa saat kemudian pilot menambahkan, ” Maaf sepertinya kita mendarat di lapangan terbang yang salah.” Para penumpang harus menunggu dua jam sebelum bisa keluar dari pesawat karena tangga pesawat harus dikirim dari Branson. Selama menunggu, para penumpang disuguhi kacang.

Atas insiden ini, juru bicara Otoritas Penerbangan Federal (FAA) Tony Molinaro menyatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan secara menyeluruh. Seperti dilansir USA Today, Senin (13/1/2014), pesawat jenis Boeing 737-700 ini memiliki rute domestik Chicago-Branson, kemudian lanjut ke Dallas. Pesawat ini membawa 124 penumpang dan 5 awak pesawat saat kejadian.

AP / CNN / DHF / Detik News.