Sekalipun kawasan sebagian Jakarta dan Tangerang sama-sama terendam banjir, keceriaan anak-anak bermain air banjir selalu ada. Di mana pun ada genangan air banjir, di situ anak-anak bermain dan saling menyipratkan air ke wajah. Jika ada anak yang berusaha keluar dari arena permainan air banjir, salah satu anak akan menyeretnya kembali berkubang di genangan air.

Gembira dan tertawa barangkali yang bisa anak-anak lakukan sekalipun tempat tinggalnya terendam air banjir. Orangtua anak pun terpaksa merelakan buah hatinya main air banjir, bahkan orangtua yang stres karena banjir bisa nyemplung ikut permainan air banjir. Semua tertawa dan bergembira, tidak mengenal umur lagi pula bermain air banjir, gratis tidak dipungut biaya.

Kubangan air banjir menjadi sarana anak-anak bermain dengan gembira. Mereka tertawa, bercanda dan

Kubangan air banjir menjadi sarana anak-anak bermain dengan gembira. Mereka tertawa, bercanda dan melupakan kesedihan sejenak.

Tertawa barangkali bisa dijadikan pelipur lara saat sedang ada masalah. Misalnya, masalah banjir membuat warga yang kebanjiran mengurus dirinya sendiri, bagaimana agar tubuh tetap sehat.  Karena sehat itu penting di saat sedang banjir, maka kita lanjutkan obrolan kemaren yang sempat tertunda.

Setelah makanan sehat, bergerak sehat, hindari merokok, salah satu terapi mencegah stres penyebab jantung koroner, adalah tertawa sehat  dan banyak bersyukur. Sekalipun ujian dalam keseharian selalu menyertai orang hidup apapun derajatnya, menenangkan diri sebisa mungkin harus dilatih agar tidak panik jika ujian datang. Entah itu ujian sakit, tidak diterima  jadi PNS, rumahtangga kacau dan berbagai macam ujian lain yang harus kita hadapi dengan tenang.

Image seorang wanita yang sedang berdoa untuk kesembuhan kerabatnya yang sedang sakit

Image Wanita berdoa sebagai ujud syukur atas semua karunia dari Sang Pencipta dan tetap sabar saat ujian hidup datang.

Karena dibalik kesulitan atau kesusahan, ada hikmah di balik musibah. Dengan sering bersyukur membantu tubuh lebih tenang sehingga tak ada lagi perasaan tidak nyaman pemicu ketidaknormalan dalam tubuh, seperti gangguan stres dan depresi. Menurut Info Akhir Pekan Kesehatan, saat depresi, jumlah hormon dalam tubuh akan meningkat dan mengancam kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian, orang yang sering bersyukur akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga sembilan persen. Selain bersyukur terapi tambahan adalah banyak tertawa yang  menghasilkan efek baik bagi tubuh. Dengan sendirinya akan membuat rasa depresi dan stres yang berpotensi mengganggu kesehatan jantung menjadi berkurang.

Salah satu cara atasi depresi dan stres dan menghapus memori buruk dalam alam bawah sadar, adalah mempraktekkan meditasi kesehatan.

Salah satu cara mengatasi depresi, stres dan menghapus memori buruk dalam alam bawah sadar, adalah mempraktekkan meditasi kesehatan.

Intinya, tertawa sehat kurangi stres dan tenangkan diri, ada baiknya orang belajar meraih kebugaran tubuh dengan cara praktek meditasi kesehatan. Dengan praktek meditasi kesehatan,  terjadinya penuaan sel tubuh bisa diperlambat, yang sekaligus mencegah terjadinya risiko penyakit jantung koroner. Memang proses penuaan pada diri setiap manusia adalah alami pasti terjadi dan tidak bisa dihindari, akan tetapi sedia payung sehat sebelum hujan penyakit harus dicegah sedini mungkin.