Sebulan lalu rekan sekerja wafat dalam tugas dikarenakan penyakit jantung koroner yang luput terdeteksi sejak dini.  Ia merasa sehat selama ini dan tidak pernah mau memeriksakan kesehatannya. Tapi tiba-tiba terjadi serangan dengan gejala dada sebelah kiri nyeri, lalu menjalar ke punggung dan lengan tangan, lalu jatuh pingsan.

Pertolongan pertama diberikan dengan membawanya ke rumah sakit. Diagnose medis kesehatan menyatakan, penyakit yang datang mendadak dengan serangan khas di dada sebelah kiri, adalah serangan jantung koroner. Akhirnya jiwa tidak tertolong tidak sadarkan diri setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Jantung koroner adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia saat ini. Penyakit ini terjadi lantaran rusaknya dinding pembuluh darah akibat faktor risiko radikal bebas. Jurnal kedokteran menyebut, radikal bebas adalah molekul dengan elektron tak berpasangan alias jomblo.

Karena ingin mencari pasangan molekul lain yang bisa diajak kencan, molekul jomblo ini sangat reaktif hingga menyebabkan kerusakan pada molekul di dekatnya. Untuk melawan radikal bebas sudah disiapkan senjata berupa antioksidan berupa vitamin E, C, dan beta-carotene. Selain vitamin tersebut, gaya hidup seseorang perlu disesuaikan dengan kondisi sekarang, mencakup aktivitas gerak tubuh, makanan, pola pikir, mengelola stres, dan menghilangkan kebiasaan buruk yang merugikan organ tubuh.

Misalnya, orang yang malas berolahraga diajak untuk mau olahraga, Yang hobi makan berlemak dihimbau mengurangi konsumsi daging yang sarat kolesterol jahat dan menggantinya dengan protein hewan lainnya, misalnya ikan laut. Sebab, daging yang sarat kolesterol, bisa menyumbat saluran arteri penyebab terjadinya penyakit jantung koroner.

Cegah jantung koroner, kurangi makan daging berlemak, ganti dengan protein hewani kaya omega 3 juga buah dan sayur.

Cegah jantung koroner, kurangi makan daging berlemak, ganti dengan protein hewani kaya omega 3 juga buah dan sayur.

Sebagai gantinya, mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur-sayuran dan buah segar. Mengingat serat dalam makanan tersebut membantu tingkat gula dalam darah sekaligus menurunkan tekanan darah. Dengan sendirinya hal ini akan membuat arteri sehat sehingga mengurangi risiko terkena serangan jantung koroner.

Gaya hidup sehat bergerak sebagai salah satu pilar mengurangi risiko penyakit jantung koroner dilakukan selama 30 menit setiap hari ( kalau mampu ). Olahraga murah meriah tanpa biaya banyak, misalnya jalan kaki  sambil menghirup udara bersih di pagi hari, sekaligus menghangatkan kulit tubuh untuk mendapatkan vitamin D secara gratis dari alam, yaitu terpaan sinar matahari pagi. Olahraga jalan kaki ini juga bisa sekaligus mengurangi berat badan berlebih alias obesitas.

Benda kecil yang dapat membahayakan nyawa manusia, itulah rokok. Ribuan orang meninggal setiap tahunnya berasal dari penyakit yang ditimbulkan akibat merokok.

Benda kecil yang dapat membahayakan nyawa manusia, itulah rokok. Ribuan orang meninggal setiap tahunnya berasal dari penyakit yang ditimbulkan akibat merokok. Perokok aktif dan pasif sama-sama berpeluang terkena radikal bebas.

Selain itu edukasi penting yang maaf bisa menyinggung orang yang merasa dirinya jantan,  adalah  menghentikan kebiasaan merokok. Maklum, rokok merupakan salah satu musuh besar jantung. Asap rokok ngebul mengandung banyak senyawa berbahaya, penyebab pangkal awal terjadinya jantung koroner, juga pemicu terjadinya kanker.

Selain makanan sehat, gerak badan sehat, mengelola stres juga banyak bersyukur. Tertawa sehat juga cara mengurangi ketegangan pikiran,  membuat badan sedikit rileks, mengalihkan perhatian dari serius ke santai. Apa dan bagaimana membuat tubuh rileks, ada cara mudah untuk mencapainya, ojo lungo-lungo soko blog iki. ( bersambung ).

Iklan