Melihat buah pepaya yang baru saja dipanen di kebun, rata-rata buahnya masih ijo kulitnya. Jika hendak dijual ke pengepul, selama masa penyimpanan di gudang, proses pematangan buah pepaya berlangsung cepat. Jika tidak cepat diatasi segera dengan pengawetan alami, maka buah pepaya cepat matang dan akhirnya busuk.

Selain itu benturan, goresan, sinar matahari saat petik pepaya di kebun, fluktuasi suhu, dan kotoran berpotensi besar menyebabkan kerusakan atau pembusukan buah pepaya lebih cepat dari perkiraan semula. Karena itu petani harus tahu cara tepat agar pepaya hasil panen kebunnya, buahnya dalam kondisi bagus,  tanpa cacat saat panen. Keluhan petani itu didengar Wahyu Sautomo dan kawan-kawan sesama mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Pepaya califorinia paska penen ini biasanya dibungkus kertas koran agar cepat matang. Namun, cepat matang dan busuk membuat petani rugi jika belum laku dijual. Karena itu Magic Box penyimpan buah pepaya agar awet.

Pepaya california paska panen biasanya dibungkus kertas koran agar cepat matang. Namun, cepat matang dan busuk membuat petani rugi jika belum laku terjual. Karena itu digunakan Magic Box penyimpan buah pepaya agar awet dan mengurangi kerusakan.

Wahyu Utomo dan kawan-kawan melakukan percobaan dan akhirnya berhasil membuat Magic Box, yaitu wadah penyimpanan pada pematangan buatan buah pepaya. Wadah ini berfungsi untuk mengurangi kerusakan selama distribusi hasil paska panen, dimana alat yang digunakan antara lain sekam, perekat, serbuk gergaji, sitosan, tripleks melamin, tanah liat yang dicampur potassium permanganate ( KMNO4 ) dan zeolit halus.  Demonstrasi di Laboratoriom Pascapanen, Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB, menunjukkan, Magic Box dapat menghambat pematangan buah pepaya lebih lama dengan prinsip penghambatan respirasi.

” Jika di luar Magic Box pepaya matang dalam tiga hari, dalam Magic Box pematangan ditunda sampai 10-13 hari, ” kata Wahyu yang didampingi dosen pembimbing Winarso D Widodo. Magic Box dikembangkan dalam empat model sesuai keperluan petani, yakni standar, rak, tutup bertingkat, dan portabel. Sebagai petani yang tidak ingin buah pepayanya rusak setelah panen, dan buahnya tetap awet, model apa yang cocok dengan selera Anda, Pak Tani ?

Sumber : Kilas Iptek  ( * ATK  ).