Olahraga selain bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, juga bisa dijadikan kesenangan alias hobi. Anda bebas melakukan olahraga yang disukai, bisa dilakukan sendiri atau beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Jika melakukan olahraga sendiri, tentu kesepakatan untuk mulai olahraga tergantung kepada mood atau waktu luang yang dimiliki.

Pagi tadi udara begitu cerah, karena itu setelah merampungkan urusan rumah, kaki melangkah meninggalkan rumah menuju jalan setapak di areal pedesaan tempat saya tinggal. Lokasi desa memang  masih banyak ditumbuhi pohon lebat di kanan kiri jalan yang dilewati. Tujuan olahraga yang sekian tahun saya lakoni, selain meraih kebugaran dan kesehatan tubuh, adalah ingin membuang kelebihan energi reiki yang masuk tubuh setelah chakra-chakra utama sangat aktif bekerjanya.

Cara  melakukan pembuangan energi reiki berlebihan,  dengan grounding  konvensional yang memberikan tuntunan grounding dengan jalan duduk meditasi. Akan tetapi mumpung kaki masih kuat berjalan, maka saya lakukan grounding sembari berjalan sesuai dengan rute yang dilewati. Karena duduk meditasi grounding hanya berdiam diri minimal 30 menit, otot tubuh dibuat santai tidak bergerak, maka kebalikannya dengan grounding bergerak, semua otot tubuh dalam hal ini otot kaki yang berperan menahan beban tubuh, dibuat tegang agar badan tidak limbung.

Padahal sudah terbukti jalan kaki yang dilakukan secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan mulai dari migren, berat badan, masalah pernapasan, jantung, dan lain sebagainya. Tahukah Anda, jalan kaki santai setidaknya 2-3 km per hari mampu mengatasi berbagai penyakit?

Jalan kaki yang dilakukan secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan mulai dari migren, berat badan, masalah pernapasan, jantung, dan lain sebagainya. Sembari kaki melangkah, kita buang kelebihan energi reiki dalam tubuh, masuk tanah lewat chakra kedua kaki kanan dan kiri. 

Seiring  kaki melangkah, maka energi reiki kita salurkan ke bumi dengan cara menghentakkan kaki,  seperti terlihat saat  tentara sedang latihan baris berbaris. Hentakan kaki kanan dan kiri kita lakukan dengan keras saat menapak tanah selama olahraga jalan kaki. Jika peka, chakra kedua telapak kaki seperti berdenyut-denyut menahan geli, karena dilewati energi reiki yang keluar dari tubuh.

Begitu olahraga jalan kaki ini kita anggap sudah cukup waktunya, minimal setengah jam atau kalau masih kuat kita genapkan 1 jam dengan jarak tempuh 5 kilometer, kita cari tempat lapang untuk melemaskan otot kaki. Jika matahari pagi sudah meninggi, berdiri sambil mengatur napas menghadap ke timur atau kalau mata silau bisa membelakangi alias menghadap ke barat,  kita lemaskan otot kaki dan tangan. Badan dibuat rileks dan mengatur pernapasan alami, kita berikan afirmasi yang contohnya ada di postingan kemaren sambil mengangkat kedua tangan ke atas tinggi-tinggi atau merentangkan kedua lengan tangan ke samping.

Sambil mengangkat kedua lengan  tangan ke atas tinggi-tinggi, kita atur napas lembut, rileks dan ucapkan afirmasi, bahwa olahraga membuat tubuh bugar, sehat dan menyenangkan.

Sambil mengangkat kedua lengan tangan ke atas tinggi-tinggi, kita atur napas lembut, rileks dan ucapkan afirmasi, bahwa olahraga membuat tubuh bugar, sehat dan menyenangkan.

Anda pun bebas merentangkan kedua lengan tangan ke samping, saat melakukan rileksasi paska jalan kaki.

Anda pun bebas merentangkan kedua lengan tangan ke samping, saat melakukan rileksasi setelah olahraga jalan kaki. Ucapkan pelan kalimat afirmasi, yang intinya membuang energi negatif penyakit keluar tubuh dan menggantinya dengan energi sehat, bugar untuk tubuh.

Pejamkan mata, rasakan getaran suara yang diucapkan mulut terdengar pelan dan tertangkap oleh kuping, kita niatkan semua emosi negatif, pikiran negatif dan semua keinginan negatif yang merusak diri sendiri dan lingkungan, dibuang ke dalam bumi. Boleh dilakukan mengucapkan afirmasi ini berulang-ulang dalam kondisi rileks, santai dan biarkan sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D menghangatkan seluruh sel-sel tubuh dibarengi cucuran keringat yang keluar tubuh. Jadi…selain olahraga menyehatkan tubuh dan pikiran, semua emosi, energi negatif yang ada dalam tubuh ikut dibuang.

Semoga olahraga dibarengi praktek grounding reiki,  membuat Anda tetap sehat dan bugar dalam hidup ini. Anda ingin hidup sehat bukan ? Karena itu jangan malas olahraga sekali pun sudah jadi praktisi reiki. Salam…..