Inilah romantika hidup manusia yang cuma sekali di dunia ini. Tidak punya duit kepala pusing, banyak duit bingung untuk apa duit itu akan digunakan. Toh,  manusia mati tidak membawa duit, karena itu mumpung banyak duit harus jeli membelanjakannya.

Jelang malam akhir tahun  2013 kemaren, ada banyak cara untuk membuang duit. Ada orang  membakar duit dengan menyalakan kembang api berharga mahal sekaligus membunyikan mercon yang juga tidak murah harganya. Artinya demi perayaan megah akhir tahun, orang berduit membeli petasan dan kembang api yang harganya cukup mahal, lalu menyalakan kembang api dan mercon itu pas detik pergantian tahun.

Tujuannya menghibur sekaligus  mengenang perjalanan setahun agar setiap orang bisa bergembira di akhir tahun dan melupakan sejenak keruwetan hidup ini. Lalu selain membakar petasan dan kembang api ada juga yang membelanjakan uangnya dengan makan di restoran. Menu makanan akhir tahun tentu tidak murah bagi orang yang cekak duitnya.

Akan tetapi tidak demikian dengan orang banyak duit. Jika anda termasuk orang yang beruntung mempunyai uang begitu banyak dan bingung menghabiskannya di akhir tahun 2013, ada solusi yang ditawarkan pemilik restoran steak baru yang ada di kota New York. Restoran berlabel Empire Steak House di kota ini menawarkan paket malam spesial malam tahun baru  untuk dua orang seharga 10.000 dollar AS atau senilai Rp 122 juta.

” Ekonomi Amerika saat ini mulai membaik sehingga orang banyak duit pasti tidak sungkan makan malam di restoran saya, ” ujar Jack Sinanaj, pemilik restoran baru ini. Perlu diketahui paket sekali makan ini, harganya kira-kira setara dengan rumah sangat sederhana di Indonesia. Sekali pesan makan malam spesial akhir tahun, pengunjung akan mendapatkan lima jenis hidangan.

Empire Steak House in New York City is offering a $10,000 dinner for two this New Year's Eve.

 Makan malam istimewa akhir tahun 2013  ditawarkan Empire Steak House di New York untuk dua orang, dibandrol $ 10.000 atau Rp 122 juta.

Makanan pembuka berupa 0,9 ons kaviar Osetra dan salad kacang makadamia. Lalu makanan  utama berupa steak Kobe dan ekor lobster Afrika Selatan dengan taburan jamur truffle hitam. Seluruh hidangan dilengkapi sebotol anggur mewah Chateau Lafite Rothschild.

Sebagai sajian penutup dihidangkan kue tart cokelat tiga lapis dengan puding konyak. ” Saat malam tahun baru, orang ingin melakukan hal-hal spesial, ingin merayakan dengan makanan dan anggur terbaik, ” kata Sinanaj. Tawaran serba wah itu terjadi di negara adidaya AS dengan tingkat hidup masyarakatnya sudah maju dan makmur.

Akan tetapi jika kita tengok di Indonesia, rasanya makan malam spesial itu hanya bisa dijangkau konglomerat atau segelintir orang berduit.  Hidangan serba enak dan mahal itu, semoga yang menyantapnya ingat akan saudaranya, bahwa masih banyak anak tidak mampu sekolah. Kiranya duit sebanyak itu bisa memberi makan orang banyak yang serba kekurangan, dan sayang jika hanya dinikmati dua orang saja.

UPI / DHF.