Terkadang pria yang memelihara kumis sangat rapi kerap menjadi perhatian lawan jenisnya. Selain enak dilihat penampilannya, kumis rapi lagi tebal tentu mengundang decak kagum  bagi siapa saja, terlebih jika dilihat oleh orang asing di negara asing pula. Namun tidak demikian halnya dengan Sujeev Kumar si pemilik kumis rapi ini, ia terpaksa menemui kesulitan saat masuk ke negeri orang, Jumat ( 27/12 ).

Kalau yang membuat sulit adalah lawan jenisnya, perempuan cantik berhidung mancung berdarah Arab, tentu Sujeev Kumar tidak meradang. Tapi kali ini tidak, justru yang membuat kesal hatinya, adalah petugas imigrasi di bandara kedatangan airport Sahrjah di Uni Emirat Arab. Saat antrean pemeriksaan paspor di gerbang imigrasi kedatangan di  Bandara Sharjah, petugas pemeriksa paspor yang memeriksanya, tiba-tiba terkesima akan kumis tebalnya.

Keruan saja Sujeev Kumar salah tingkah apalagi setelah mencap paspornya, petugas imigrasi itu terus melihat Kumar dan membandingkan dengan foto dirinya di paspor. ” Petugas itu juga bertanya bagaimana caranya menjaga kumis tebalnya agar terlihat rapi dan enak dilihat, ” ujar Kumar seperti dikutip Gulf News, Selasa ( 31/12 ). Ulah petugas ini tentu saja menjadi perhatian orang-orang yang mengantri di belakang Kumar.

Bukan itu saja kelakuan petugas imigrasi UEA aneh ini. Di depan antrean penumpang yang hendak meninggalkan konter imigrasi kedatangan pun terus bertanya soal kumis tebal Kumar. Puncaknya, petugas itu malah menyuruh Kumar untuk mencukur kumis tebalnya sambil terus menahan paspor Kumar. Keruan saja insiden kecil soal kumis tebal membuat antrean penumpang yang hendak keluar lewat pemeriksaan imigrasi sedikit tersendat.

Kumis tebal lebat milik Sujeev Kumar asal Thiruvananthapuram, India justru menjadi masalah saat sedang diperiksa paspornya setiba di Bandara Sharjah, UEA.

Kumis tebal lebat milik Sujeev Kumar asal Thiruvananthapuram, India justru menjadi masalah saat dirinya tiba di Bandara Sharjah, UEA. Petugas imigrasi menahan paspornya dan menyuruhnya mencukur habis kumis tebalnya. Picture : Reuters File.

Akhirnya Kumar pun habis kesabarannya saat petugas itu terus ngotot bertanya soal kumis tebalnya dan tidak segera mengembalikan paspornya. Petugas itu akan mengembalikan paspornya jika Kumar sudah mencukur habis kumis tebalnya. Baru setelah Kumar menggertak dan melawan petugas itu untuk dipertemukan dengan atasan si petugas imigrasi, pengagum kumis tebal Kumar pun mengembalikan paspor Kumar dan mengizinkan Kumar keluar bandara.

Sambil bernapas lega Kumar yang bekerja sebagai seorang teknisi perangkat lunak asal kota Thiruvananthapuram, India pun segera meninggalkan Bandara Sharjah. Setengah berguman, Kumar berpikir barangkali memelihara kumis tebal memang membuat orang lain kagum. Tapi tidak sedikit pula yang membuat geli dan irihati, sebagaimana dia alami saat bertemu dengan petugas imigrasi Sharjah saat melihat kumis tebalnya.

Kumis rapi ala Gatotkaca jika dibarengi dengan jenggot tebal milik Begawan Abiyoso di dunia pewayangan  menginspirasi seniman untuk menciptakan lagu dengan tema Kumis. Biarlah Sujeev Kumar tetap memelihara kumis tebalnya, sekali pun dia tidak berotot kawat bertulang besi seperti Raden Gatotkaca  anak Bima dari Keluarga Pandawa. Justru  kumis tebalnya malah membuat repot dirinya saat bertandang ke Uni Emirat Arab. Mari kita lupakan kumis tebal, kita dengarkan lagu Kumis Lelaki oleh Bimbo.

Youtube Kumis Lelaki oleh Bimbo, koleksi Bang Jadoel Adi :