Sinar matahari mengubah kolesterol di kulit menjadi vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan menjaga kekebalan tubuh. Makanan sumber vitamin D antara lain ikan berlemak, sereal yang difortifikasi, susu, dan jus jeruk.

Daftar sumber vitamin D kini bertambah dengan jamur yang diberi perlakuan dengan sinar ultraviolet ( UV ). ” Yang menggembirakan adalah bagaimana dengan cepat kita bisa membuat jamur yang semula tidak mengandung vitamin D menjadi kaya dengan vitamin itu, ” kata Michael Kalaras, mahasiswa post-doctoral Penn State University Amerika Serikat, yang menjadi salah satu peneliti.

 Sinar matahari sebenarnya adalah sumber terbaik vitamin D. Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang yang dikenal sebagai ‘rakhitis.

 Sinar matahari sebenarnya adalah sumber terbaik vitamin D. Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang yang dikenal sebagai rakhitis.

Hal itu terjadi karena sinar ultraviolet mengubah komponen mirip kolesterol dalam jamur menjadi vitamin D sesuai jumlah yang direkomendasikan, yakni 600 Unit Internasional ( 15  mikrogram ) per hari. ” Sejauh ini belum ada efek negatif dari hasil penelitian kami, ” ujar Kalaras kepada Livescience, Jumat ( 27/12 )

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / ATK.