Hari pertama tahun baru 2014 sudah berjalan 11 jam. Tadi malam pesta kembang api dan mercon ledakannya memecahkan kesunyian desa tempat saya tinggal. Warga antusias menyambut pergantian tahun dengan berbagai acara, mulai dari kumpul bersama keluarga, tetangga, teman sekolah hingga ramai-ramai keluar rumah berkendara ke tempat keramaian sambut tahun baru diadakan.

Perayaan sambut tahun baru dari tahun ke tahun selalu diwarnai keramaian, mulai dari anak-anak, remaja dan orangtua dengan bunyi terompet dan ledakan kembang api dan mercon. Gegap gembita warga menyambut tahun baru seakan-akan ingin sejenak meninggalkan keruwetan hidup keseharian dan  beralih meraih kegembiraan sesaat bersama orang tercinta. Apalagi jika merayakan pergantian tahun dalam kondisi cuaca cerah, secerah hati orang yang merayakannya.

Berbagai harapan ingin diwujudkan di tahun baru 2014. Semua orang boleh meraihnya.

Berbagai harapan ingin diwujudkan di tahun baru 2014. Semua orang boleh meraihnya. Images by : Joko Susilo.com Semarang.

Tahun boleh berjalan meninggalkan kenangan di hari kemaren, mulai dari susah dan senang kondisinya, menuju tahun pengharapan. Harapan ingin sukses sebagaimana dijual oleh pakar motivasi sukses hingga harapan panjang usia dalam kondisi sehat bugar jasmaninya. Nah…sukses untuk meraih kesehatan dan kebugaran tubuh tampaknya sudah menjadi impian orang yang pernah jatuh sakit dan sekarang sudah sadar arti pentingnya kesehatan.

Tanpa sehat badan mustahil semua pekerjaan yang mendatangkan keuntungan finansial dengan label sukses tercapai. Untuk meraih kesuksesan perlu kerja keras, siap berkompetisi dengan lawan bisnisnya dengan cara terpuji tanpa saling menjegal lawan mainnya. Karena itu, kita perlu merenung sudah sejauh mana tahun kemaren bisa mendatangkan manfaat bagi sesama.

Apakah lebih banyak merugikan daripada manfaatnya jika kita terpaksa berkompetisi dalam berbisnis misalnya. Merenung, memperbaiki yang kurang dan memaksimalkan daya juang dalam bekerja harus menjadi  tujuan hidup ini. Semoga tahun 2014 membawa pencerahan  bagi Anda semua, cerah memaknai hidup ini dan terus sehat dan bugar dalam keseharian sebagaimana tahun yang sudah lewat. Masih terngiang di telinga setiap pergantian tahun baru dengan lagu ABBA di bawah ini. Salam….

Youtube Happy New Year by ABBA.