Minggu kemaren,  banyak pekerjaan rumah harus diselesaikan termasuk membuka internet membalas email semua sahabat, membuat tubuh cepat lelah. Dan hari ini Senin masuk kerja di akhir tahun, masih ada pekerjaan kantor yang harus diselesaikan secepatnya. Untuk sampai ke kantor tepat waktu sering meleset, karena macet  di jalan, membuat tubuh cepat lelah saat berkendara atau saat menumpang angkutan umum tadi.

Begitu sampai kantor, pekerjaan sudah menunggu untuk diselesaikan. Duduk berjam-jam di depan komputer atau kursi kerja lalu menghubungi rekan kantor di unit lain, tubuh dipaksa bergerak untuk menyambanginya. Ini lebih bagus daripada duduk berjam-jam di kursi kerja, tanpa tubuh aktif bergerak ke sana kemari membuat tubuh cepat pegal.

Jika tubuh sudah pegal mata pun sulit diajak terpejam sejenak di jam kerja. Kondisi seperti ini barangkali sering berulang di hari lain dan ini wajar  terjadi, mengingat rutinitas kerja mengharuskan demikian kondisinya. Rutinitas di tempat kerja atau di rumah selepas tiba dari kantor,  tentu saja membuat lelah pelakunya, apalagi seharian kerja mencurahkan pikiran dengan penuh konsentrasi menyelesaikan pekerjaan.

Efek sirkulasi darah lancar karena kebiasaan berolahraga, imbasnya membuat tubuh semakin rileks dan kualitas tidur semakin baik. Rileksasi jelang tidur membuat tidur jadi gampang dan jarang terbangun di tengah malam. Woman Sleeping --- Image by © Michael A. Keller/Corbis.

Efek sirkulasi darah lancar karena kebiasaan berolahraga, imbasnya membuat tubuh semakin rileks dan kualitas tidur semakin baik. Rileksasi jelang tidur membuat tidur jadi gampang dan jarang terbangun di tengah malam. Woman Sleeping — Image by © Michael A. Keller/Corbis.

Yang dikhawatirkan jika kondisi ini membuat pikiran tegang, boleh jadi akan membuat masalah baru, yaitu kesulitan tidur.  Orang bilang susah tidur itu disebut insomnia. Penyebabnya bisa berbagai faktor, misalnya stres, psikologis ataupun kebiasaan gaya hidup kurang sehat alias buruk penampakannya.

Seandainya Anda atau saya mengalami hal demikian,  para ahli kesehatan memberikan jalan keluar yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Pertama dan tidak boleh ditunda-tunda untuk alasan klasik, misal tak ada waktu, yaitu mau hidup aktif bergerak dalam keseharian. Konkretnya, jangan malas untuk berolahraga demi tubuh bugar dan sehat.

Mengajak buah hati untuk mau berolahraga harus ditanamkan sejak anak-anak. Tujuannya, menjadikan tubuh tetap bugar, sehat dan melatih kelenturan otot dimana masa tubuh anak sedang berkembang. Lakukan kegiatan ini sambil menghirup udara segar di pagi hari.

Mengajak buah hati untuk mau berolahraga harus ditanamkan sejak anak-anak. Tujuannya, menjadikan tubuh tetap bugar, sehat dan melatih kelenturan otot dimana sel tubuh anak sedang berkembang. Lakukan kegiatan ini sambil menghirup udara segar di pagi hari.

Semakin usia bertambah kita pilih olahraga yang jadi kesenangan dan tidak usah melirik jenis olahraga lain yang belum tentu menyenangkan hati kita. Kita bisa memilih jenis olahraga murah meriah tanpa biaya mahal. Misalnya olahraga jalan kaki, bersepeda, lari pagi, senam kesegaran jasmani, berenang atau lompat tali di pekarangan rumah sambil berkebun.

Tujuan menggerakkan badan ini adalah biar tubuh berkeringat cepat lelah dan jika sudah lelah, diharapkan malam hari bisa tidur nyenyak. Melakukan olahraga  sudah tidak boleh ditawar lagi bagi orang yang ingin hidup sehat, bugar dan bersemangat dalam keseharian kerja. Tujuan olahraga ini bermanfaat untuk melatih otot apalagi dilakukan setiap hari atau seminggu empat kali untuk waktu minimal setengah jam hingga 1 jam.

Konsumsi buah dan sayur segar sangat dianjurkan untuk kesehatan mata dan kulit bagi wanita.

Konsumsi buah dan sayur segar sangat dianjurkan untuk kesehatan mata dan kulit  wanita.

Selain olahraga rutin ada baiknya mengatur pola hidup sehat keseharian baik saat di rumah atau saat sedang di kantor.  Misalnya saat mengonsumsi makanan, jumlah asupan makanan tinggi serat rendah lemak perlu diperhatikan, apalagi jika kita sudah terdeteksi mempunyai kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula tinggi. Mengonsumsi buah segar pun dianjurkan sebagai kudapan setelah makanan utama disantap.

Kebiasaan buruk dan kurang baik bagi kesehatan adalah merokok. Maaf mungkin sindiran ini sedikit mengganggu bagi sahabat yang sudah kecanduan merokok.  Terkadang dalam pergaulan kantor atau di rumah jika punya kerabat atau pasangan hidup yang hobi merokok, sering melontarkan guyonan, ” Merokok atau tidak merokok, toh ujung-ujungnya kita akan mati juga, ”  katanya sinis.

Jika ingin paru-paru sehat, jangan lakukan kebiasaan buruk ini sejak remaja. Hentikan mulai sekarang agar tidak merugikan orang lain, menjadi perokok pasif.

Jika ingin paru-paru sehat, jangan lakukan kebiasaan buruk ini sejak remaja. Hentikan mulai sekarang agar tidak merugikan orang lain, menjadi perokok pasif.

Mengurai pikiran ruwet alangkah baiknya bersepeda bersama pasangan.

Sambut tahun baru alangkah baiknya berolahraga bersepeda bersama pasangan.

Kita tidak usah sakit hati mendengar debat semacam itu. Tugas kita hanya mengajak orang lain untuk mau hidup sehat dalam keseharian agar investasi mahal untuk sehat jika sudah jatuh sakit, bisa dialihkan ke hal produktif lainnya. Kunci sehat itu murah jika sudah tahu caranya, dan jadi mahal jika sudah terlanjur sakit dan di rawat di rumah sakit.

Rabu lusa ( 01/01/2014 ) kita sudah masuk tahun baru 2014. Yang bisa kita lakukan bersama adalah tetap menjaga kondisi tubuh  tetap sehat. Masih ada waktu untuk merengkuhnya tergantung apakah kita mau atau tidak melaksanakannya. Salah satunya menghilangkan kebiasaan buruk, jika kita sudah terlanjur kecanduan, yaitu berhenti dari minum minuman beralkohol yang membuat tubuh jadi tambah tidak sehat.