Terkadang bermain internet menjadikan mata cepat lelah yang buntutnya gampang mengantuk jika berlama-lama menatap layar komputer. Bisa diterka karena mata tidak istirahat terus memelototi gambar atau teks yang terpampang di layar komputer, menjadikan syaraf pada mata cepat lelah. Dengan kata lain inilah dampak dari penggunaan komputer yang di zaman modern abad ke – 21 ini, setiap orang yang melek teknologi, dalam keseharian tidak lepas dari perangkat komputer yang tersambung ke internet.

Kalau sudah begitu, sebagai pengguna internet terkadang ada juga bosannya terus main internet. Akan tetapi kalau namanya sudah kecanduan internet, untuk lepas dari internet susahnya bukan main. Ada rasa sayang jika barang sehari saja tidak membuka komputer yang tersambung internet.

Apalagi sekarang ada aplikasi telepon pintar yang otomatis perangkat ini tersambung dengan internet. Perangkat ini mudah dibawa kemana-mana, simpel, tidak merepotkan dibandingkan dengan komputer konvensional yang tetap nongkrong di meja rumah atau kantor. Sekali lagi dengan perangkat telepon pintar kecenderungan setiap orang mengakses internet dapat dilakukan di mana saja.

Ia bisa menggunakan telepon pintar sambil berjalan, duduk di bangku taman, dalam perjalanan ataupun saat sedang bekerja. Pendek kata kecanduan internet sudah membudaya di jaman teknologi informasi saat ini. Kalau sudah begitu apakah ada kiat untuk meninggalkan internet barang sejenak ?

Jawabannya ada dan  merujuk pada kebiasaan lama  sebelum kenal internet, kita dapat mencoba hobi lama  yang ditinggalkan gara-gara sudah kenal internet. Para mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Hebei di ibu kota Provinsi Hebei, China utara, Shijiazhung, sudah punya jawabannya. Beberapa mahasiswa di universitas ini memutuskan untuk menekuni hobi merajut demi lepas dari kecanduan internet.

Tian Xuepeng mulai belajar membuat syal atas permintaan pacarnya, Zhango Bo agar bisa lepas dari kecanduan internet.

Tian Xuepeng mulai belajar membuat syal atas permintaan pacarnya, Zhango Bo agar bisa lepas dari kecanduan internet.

Miturut surat kabar setempat, Yanzhao Evening News, seperti dikutip portal Global Times, Rabu ( 25/12 ), makin banyak mahasiswa yang belajar dan menekuni hobi yang biasanya identik dengan kaum perempuan itu. ” Saya mulai merajut syal ini untuk menghentikan  kecanduan internet, ” tutur Tian Xuepeng ( 22 ), mahasiswa jurusan manajemen kendaraan yang sedang sibuk membuat syal untuk pacarnya.

Awalnya, Tian  berusaha mengalihkan perhatian dari dunia maya dengan belajar main harmonika dan musik hip hop. Namun, semua itu gagal dan dunia internet bagaikan candu yang tidak mudah dilepaskan begitu saja. Sampai akhirnya suatu hari, pacar Tian, Zhang Bo mengusulkan ide baru.

Langkah Tian Zuepeng lepas dari kecanduan internet, juga diikuti teman-teman mahasiswa Universitas Sains Hebei. Mereka mulai belajar membuat syal dan kerajinan tangan seperti topi, taplak meja dan kerudung kepala.

Langkah Tian Zuepeng lepas dari kecanduan internet, juga diikuti teman-teman mahasiswa Universitas Sains Hebei, China Utara. Mereka mulai belajar membuat syal dan kerajinan tangan seperti topi, taplak meja dan kerudung kepala.

” Bagaimana kalau kamu merajut syal buatku ? , ” tutur Zhang, yang meminta Tian tak peduli jika ada orang yang mentertawakannya. Kini setelah mulai mahir merajut, waktu Tian menekuni internet mulai berkurang. Menurut pemilik toko wol di dekat universitas itu, beberapa mahasiswa lain pun mulai datang untuk belajar dan berbelanja bahan-bahan merajut.

Lalu, jika Anda sudah bosan dengan internet, untuk mengalihkan kejemuan itu, apa langkah selanjutnya? Boleh jadi  menekuni hobi lama seperti Tian , atau jeda sejenak dari internet dan pergi ke gunung menghirup udara segar. Bagaimana pun rasa bosan pada sesuatu pasti ada dalam diri manusia dan itu lumrah terjadi dalam hidup ini.

UPI / Global News / DHF.