Ngomong-ngomong soal dunia maya kiranya tak akan habis dibicarakan di hari libur Minggu ini. Masih banyak yang perlu ditanyakan pada pengguna internet,  apakah jejaring sosial di dunia maya paling tinggi rating penggunaannya ? Jika ya, apakah Facebook dan Twitter menduduki peringkat tertinggi dibandingkan jejaring sosial lainnya, misalnya Instagram atau Yahoo.com ?

Lalu jenis postingan apa yang sering dipasang pada akun jejaring sosial dimaksud, apakah hanya foto-foto narsis, atau kumpulan cerita antah berantah yang bersumber dari koran, majalah atau televisi ? Karena ingin tahu sikap pengguna jejaring sosial terhadap hal baru, perusahaan komunikasi asal Finlandia, Nokia, baru-baru ini menggelar survei kebiasaan pengguna media sosial internet di kalangan masyarakat negara-negara Skandinavia. Hasilnya, mayoritas masyarakat Swedia mengaku paling muak dengan foto-foto makanan yang diunggah di media sosial, macam Facebook, Twitter, atau Instagram.

Mengunggah foto makanan ke jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, sangat dibenci masyarakat Swedia. Entah kenapa mereka tidak suka melihat alias muak melihat makanan dalam foto. Mungkin mereka ingin melihat makanan aslinya di dunia nyata.

Mengunggah foto makanan ke jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, tidak disukai  masyarakat Swedia. Entah kenapa mereka tidak suka  alias muak melihat  foto makanan. Mungkin mereka ingin melihat makanan aslinya di dunia nyata, lalu menyantapnya. Foto by : Firstwefeast. 

Sementara masyarakat Denmark dan Norwegia paling sebal melihat foto-foto aktivitas orang di tempat kebugaran yang diunggah ke media sosial. Tak dijelaskan detail survei tersebut, kecuali hanya disebutkan survei ini melibatkan lebih dari 3.000 responden di negara-negara Skandinavia. Namun, terlepas dari muaknya warga Swedia terhadap foto-foto makanan, mantan ibu negara Swedia, Filippa Reinfeldt, gemar mengunggah foto-foto makanan di Instagram hampir setiap hari.

Karena hobinya mengunggah foto-foto makanan, Reinfeldt sampai dijuluki Insta-Mama. Lalu dengan Anda yang tinggal di negeri tropis seperti Indonesia ini, kira-kira akan Anda isi apa kolom status jejaring sosial setiap harinya ? Apakah postingan tentang keindahan alam Indonesia yang beraneka ragam budaya dan adat istiadatnya, termasuk makanan khas daerah tersebut misalnya, boleh juga sekalian promosi untuk orang asing.

UPI /DHF.