Penghormatan kepada tokoh antiapartheid, Nelson Mandela di berbagai belahan dunia mendapatkan tempat tersendiri bagi pengagumnya. Ada yang   memasang baliho besar yang  berisi gambar sang tokoh antiapartheid, ada pula yang biasa-biasa saja menyikapi kepergian tokoh kulit hitam dari Afrika Selatan ini. Tokoh pejuang kulit hitam ini telah tiada dan semangatnya tidak pernah luntur dalam memperjuangkan persamaan hak dan kelak akan diteruskan oleh penggantinya untuk meneruskan cita-cita luhur sang tokoh yang belum tercapai.

Saking semangatnya menghormati kepergian tokoh antiapartheid Nelson Mandela, di kota Coimbatore, India, terpasang baliho  yang berisi foto aktor kawakan Morgan Freeman yang memerankan tokoh Mandela dalam film Invictus ( 2009 ). Seharusnya  yang dipasang pada baliho adalah foto diri Nelson Mandela dan bukannya aktor yang memerankan tokoh Nelson Mandela. Entah kenapa jika pemasangan baliho pada tempat strategis di tengah kota,  pihak  sponsor produk yang punya kuasa untuk memasang gambar seenaknya.

Billboard mourning Mandela's death has Morgan Freeman's photo instead.

Foto Mandela tidak dipasang sebagai gantinya ada foto Mahatma Gandhi, Ibu Theresia, dan Martin Luther King Jr.

Kali ini pengusaha setempat malah memasang foto sang aktor yang dibawahnya terdapat tiga foto pejuang kemanusiaan lain, yakni Mahatma Gandhi, Ibu Theresia, dan Martin Luther King Jr. Selain foto tersebut terdapat tulisan dalam bahasa Tamil yang intinya memuji jalan tanpa kekerasan dan pengampunan yang dilakukan Mandela.

Foto pada baliho tersebut ada yang mengunggahnya ke jejaring sosial yang lalu dikomentari pembaca. Salah satu kometar yang muncul, ” Untungnya foto Gandhi tidak diganti Ben Kingsley. ” Tokoh Mahatma Gandi dalam film yang ber judul Gandhi dibuat tahun 1982, diperankan aktor Inggris Sir Ben Kingsley.

UPI / WAS.