Orang bilang kebahagiaan sebuah keluarga jika pasangan itu bisa saling berbagi, selalu berdua dalam suasana apa pun serta menyempatkan diri hadir berduaan. Pasangan suami-istri bisa hadir saat mengunjungi teman yang sedang menikah, lalu mengucapkan selamat menempuh hidup baru saat bersalaman dengan pengantin. Tentu saja sehabis mengucapkan selamat kepada pengantin, tamu dipersilahkan mencicipi hidangan ala kadarnya di meja makan.

Anda boleh makan sepuasnya tapi ingat ini ada di perhelatan pernikahan dan tamu harus tau diri, tidak boleh makan berlebihan. Pada umumnya tamu makan secukupnya dan disela perjamuan makan sering terdengar pembicaraan, apakah soal bisnis, sudah punya momongan berapa dan kapan akan menikahkan putra-putrinya, antara tamu satu dengan tamu lainnya. Makan sambil bicara jamak dalam pergaulan saat bertemu keluarga ataupun saat sedang makan bersama teman di jam istirahat kantor, atau saat sedang hadir di pesta pernikahan.

Keempat tamu ini tidak mau mengambil resiko kena penalti saat makan bersama di restoran. Untuk itu dia rela menampati bangku khusus bagi tamu yang senang makan sambil bicara.

Keempat tamu ini tidak mau mengambil resiko kena penalti saat makan bersama di restoran Eat in Brooklyn New York. Untuk itu dia rela menempati bangku khusus bagi tamu yang senang makan sambil bicara.

Karena itu kesempatan makan bersama di restoran ataupun di warung kantor, biasanya dijadikan momen untuk mengobrol soal pekerjaan, bercanda, atau diskusi bisnis sambil menikmati lezatnya hidangan rumah makan. Ini masih lazim dilakukan dalam pergaulan sosial saat makan bersama. Namun ada pula ketentuan keras yang diberlakukan  sebuah rumah makan di New York City, AS, agar tamu yang sedang bersantap di rumah makan tutup mulut alias diam saat sedang mengunyah makanan.

Pemilik restoran Eat in Brooklyn ini punya ide dengan menawarkan alternatif makan tanpa bicara mengingat sudah seharusnya tamu harus diam saat sedang makan. Masalah ini terungkap berdasarkan pengamatan pemilik restoran terhadap restoran lain di New York, tamu biasanya berisik saat sedang makan. Karena itu, pemilik restoran punya ide yang harus ditaati tamu yang sedang makan di restorannya, setiap Jumat dan Sabtu malam, akan diadakan paket makan malam sunyi.

Tamu sedang makan di restoran Eat in Brooklyn tanpa bicara sepatahpun.  (Foto:Foxnews)

Tamu sedang makan di restoran Eat in Brooklyn New York tanpa bicara sepatahpun. (Foto : Foxnews)

Artinya setiap Jumat dan Sabtu malam, tamu boleh makan sepuasnya di restoran ini sesuai dengan pesanan dan harus membayar cas. Setelah pesanan diantar ke meja makan, tamu dipersilahkan makan dengan syarat tidak boleh berbicara sepatah katapun. Jumlah hidangan terdiri empat set jenis makanan yang akan diberikan satu per satu ke tamu dalam waktu 1 jam.

Jika ada yang melanggar aturan, maka peserta makan malam sunyi pun akan kena penalti oleh pemilik restoran. Penalti bukan dalam bentuk uang denda pelanggaran, akan tetapi tamu dipersilahkan menghabiskan hidangannya di bangku di luar restoran. Tempat inilah yang cocok untuk tamu yang senang bicara sambil makan.

AFP.