Yang namanya benda kesayangan akan dirawat agar awet dan bisa digunakan dengan baik. Jika benda kesayangan itu raib entah karena hilang dicuri orang atau salah menempatkannya, maka si pemilik benda kesayangan itu akan bingung. Berhari-hari dia resah memikirkan kenapa benda kesayangan itu tidak ada dalam genggaman dan kenapa bisa hilang.

Hal ini tentu akan membebani pikirannya namun orang bijak bilang tidak usah larut dalam kesedihan, toh benda hilang itu jika masih jadi miliknya tentu akan kembali. Namun jika sudah hilang mohon diikhlaskan saja, nanti toh akan dapat ganti yang lebih baik.

Ucapan bijak inilah yang memotivasi Donald DeVault ( 73 ) tidak larut dalam kesedihan. Dia tetap bekerja sebagaimana biasanya dan berusaha melupakan peristiwa sedih yang telah menimpanya hampir setengah abad silam. Pasalnya benda kesayangan miliknya berupa sepeda motor telah hilang dicuri orang.

Untung tak dapar diraih malang tidak bisa dihindari siapapun. Ternyata di bulan baik hari baik, tanpa disengaja sepeda motor kesayangannya itu ditemukan kembali dalam kondisi bagus. Rabu ( 20/11 ),  De Vault bercerita kepada AP bahwa ia baru memiliki sepeda motor Triumph Tiger 100 buatan tahun 1953.

Donald DeVault berpose memegang photo sepeda motornya yang dicuri orang hampir setengah abad lalu, Rabu ( 6/11 ) di Omaha Neb. AP Photo by Nati Harnik.

Donald DeVault berpose memegang photo sepeda motornya yang dicuri orang hampir setengah abad lalu, Rabu ( 6/11 ) di Omaha Neb. AP Photo by Nati Harnik.

Donald DeVault mengucapkan terima kasih kepada petugas otoritas pabean California yang telah menunjukkan ada sepda motor antik hendak dikirim ke Jepang.

Donald DeVault mengucapkan terima kasih kepada petugas otoritas pabean California yang telah menunjukkan ada sepeda motor antiknya yang  hendak dikirim ke Jepang.

Donald DeVault tidak canggung lagi mengemudikan sepeda motor antiknya sekalipun sudah lama tidak mengemudikan karena hilang dicuri orang.

Donald DeVault tidak canggung lagi mengemudikan sepeda motor antiknya sekalipun sudah lama hilang dicuri orang.

Sepeda motor baru dipakai satu sampai dua tahun dan hari  naas itu tiba ketika sepeda motor itu hilang dicuri orang tahun 1967. Selama puluhan tahun ia melepas harapan bisa menemukan lagi sepeda motornya. Dua pekan lalu, tanpa disangka, ia mendapat kabar bahwa otoritas di California menemukan motor itu di Pelabuhan Los Angeles saat hendak dikirim ke Jepang.

Petugas pabean yang memeriksa nomor identitas kendaraan di badan motor itu menemukan bahwa motor tersebut pernah dilaporkan hilang dicuri orang pada 1967. Motor yang pada 1967 berharga 300 dollar AS, itu kini telah menjadi barang antik dengan nilai 9.000 dollar AS atau senilai Rp 103, 2 juta. Antik atau tidak antik motornya menurut penilaian orang, Donald DeVault tidak ambil pusing, karena hari itu dia bisa menemukan kembali sepeda motor kesayangan.

AP / Reuters.