Terkadang dalam perjalanan belajar dan praktek reiki, seseorang merasakan energi reiki tidak maksimal bekerja karena sesuatu hal. Sensasi reiki tidak mengalir maksimal ditandai dengan tidak bergetarnya chakra kedua telapak tangan kanan dan kiri juga chakra mahkota. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya membiasakan diri setiap bangun pagi, praktisi reiki di sela latihan membersihkan chakra mahkota dan kedua telapak tangan dengan mengalirkan reiki.

Anda bisa menggunakan simbol reiki SHK yang diperkuat dengan simbol reiki CKR. Anda buat bola energi dari pembentukan kedua simbol tadi, lalu didorong ke chakra mahkota. Setelah chakra mahkota dibersihkan, anda tinggal melanjutkan pembersihan chakra kedua telapak tangan dimaksud. Anda bisa mengarahkan energi reiki bekerja, dengan afirmasi, bola energi simbol SHK membersihkan chakra agar membuka, selalu aktif dan berdaya kerja maksimal.

Anda bisa mengecek daya kerja semburan reiki dengan cara menempelkan kedua telapak tangan berhadapan.

Anda bisa mengecek daya kerja semburan reiki dengan cara menempelkan kedua telapak tangan berhadapan setelah dibersihkan dengan simbol SHK dan CKR.

Jangan lupa pula setelah chakra tadi dibersihkan dengan cara mengalirkan reiki ke pusat chakra selama 5 menit minimal dan maksimal 10 menit, jika anda peka, maka di pusat chakra mahkota akan bergetar dengan tanda ada aliran energi reiki masuk dan bekerja pada tubuh energi anda. Getaran energi semakin kuat dengan sensasi panas yang mengalir sepanjang jalur sushumna lalu memancar dengan hawa panas pada chakra kedua telapak tangan Anda.

Langkah selanjutnya membersihkan chakra mahkota dan kedua telapak tangan kanan dan kiri lalu latihan diakhiri dengan memperkuat daya kerja kedua chakra dimaksud dengan memperkuat dan milapatgandakan daya kerja energinya dengan menyalurkan bola energi simbol CKR. Sebagai latihan tambahan, silahkan praktekkan olah pernapasan yang digabung dengan latihan meditasi harian. Mudah-mudahan tips sederhana singkat ini bisa melipatgandakan sekaligus memperkuat dan membuat sensitif daya kerja chakra dimaksus yang ditandai dengan semburan hawa panas, dingin ataupun hangat pada kedua chakra dimaksud.