Mekanisme baru melawan bakteri penyebab penyakit pneumonia ditemukan. Dalam percobaan di laboratoriom, peneliti membuat bakteri Streptococcus mati kelaparan dengan memberikan mineral seng. Temuan dari Universitas Adelaide dan Universitas Queensland, Australia, ini diharapkan bisa menjadi awal pembuatan zat antibakteri melawan S pneumonioe.

Temuan mereka dipublikasikan dalam jurnal Nature Chemical Biology dan disebarluaskan Sciencedaily, Senin ( 11/11 ). Peneliti Chrisopher McDevitt dan kolega menunjukkan, pemberian seng bisa menghambat pengangkutan protein pada bakteri. Akibatnya, pembawa protein tak bisa membawa zat mangan, mineral penting yang dibutuhkan S pneumoniae untuk menyebabkan penyakit pada manusia.

Bakteri mulut

Bakteri streptococcus.

” Sudah lama diketahui bahwa seng berperan penting pada kemampuan perlindungan tubuh terhadap infeksi bakteri. Namun, ini pertama kalinya bisa ditunjukkan bagaimana seng menghambat jalur penting yang menyebabkan bakteri ini kelaparan, ” kata McDevitt, pemimpin penelitian dari Research Center for Infection Diseases di Universitas Adelaide. Ia menjelaskan, tanpa mineral mangan, bakteri bisa dengan mudah dilumpuhkan oleh sistem kekebalan tubuh.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / ICH.