Sehat memang tidak harus mahal jika orang tahu cara dan menyiasatinya. Sudah sering diedukasi, bahwa pola hidup sehat adalah cara sederhana dan ampuh lagi murah demi mendapatkan kesehatan yang prima. Salah satunya mengatur pola makan sehat.

Selain mengatur pola makan sehat yang tidak boleh dilupakan adalah pemilihan bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari agar sedapat mungkin alami bebas dari zat pengawet yang mengandung unsur kimia. Alami artinya tanpa bahan tambahan pada makanan. Tujuannya untuk mengurangi risiko penumpukan berbagai penyakit yang dibawa oleh unsur bahan-bahan sintetis tersebut.

Sebab jika makanan dan minuman sudah mengandung unsur kimia, cepat atau lambat akan berdampak pada kesehatan si pemilik tubuh setelah sekian tahun terpapar zat kimia dalam makanan dan minuman yang selama ini ia konsumsi. Agar tidak fatal, sebaiknya mulai sekarang ini kita mencoba bahan olahan alami saat masuk musim penghujan ini.

Saat musim hujan tiba, udara biasa dingin khususnya di malam hari. Agar badan tidak dingin menggigil alias katisen, sehat dengan reiki pilihkan minuman asli Indonesia yang sudah banyak menolong orang kedinginan. Salah satu bahan olahan minuman alami yang akrab di telinga kita adalah jahe.

Salah satu manfaat dari sekian kegunaan jahe merah untuk atasi penyakit di musim hujan adalah Mampu Mengatasi masuk angin (expectorant).

Salah satu manfaat dari sekian kegunaan jahe merah untuk atasi penyakit di musim hujan adalah mampu mengatasi masuk angin (expectorant).

Tanaman Jahe termasuk satu jenis tanaman obat yang murah dan berkhasiat untuk atasi penyakit. Di masyarakat yang akrab dengan jahe khususnya saat sedang lek-lekan di warung angkringan, jahe digunakan untuk wedangan yang memberikan efek hangat pada tubuh. Ada jenis jahe yang memiliki antioksidan tinggi yaitu jahe merah.

Antioksidan pada jahe merah alias Zingiber officinale varietas rubrum, berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sehingga penyakit menjauh. Pelawak almarhum Basuki Srimulat mengatakan, penyakit masuk angin bablas angine. Selain masuk angin, penyakit batuk, pusing, dan badan pegal-pegal boleh jadi juga akan bablas pergi menjauh dari tubuh.

Jika tubuh sudah sehat, akan sangat bermanfaat sekali-kali minum wedang jahe. Jika jahe merah tidak ada, ingat pepatah tidak ada rotan, akar pun jadi. Artinya, jahe putih atau agak kecoklatan kulitnya pun bisa kita kupas kulitnya, lalu dibersihkan dan dibakar. Minuman wedang jahe pun siap menemani malam yang dingin sambil menonton televisi. Oh, ya jangan lupa jika sedang nonton televisi manfaatkan waktu nonton sekalian menyalurkan reiki.