Kesehatan tak akan bosan untuk dirembug jika pemilik tubuh sedang mood alias sehat alias waras. Memang kesehatan erat kaitannya dengan kebiasaan hidup dan pola makan sehari-hari. Karena kesehatan didapat dari pola makan sehat dengan sendirinya pola makan tidak sehat harus dijauhi.

Pola makan tidak sehat alias pola makan buruk bersumber dari kebiasaan makan yang banyak mengandung lemak. Akibatnya kadar kolesterol buruk meningkat dan lemak dalam darah akan mengendap di dalam pembuluh darah koroner. Jika timbunan lemak semakin banyak akan menutup pembuluh darah koroner yang akan merugikan kesehatan jantung pemiliknya.

Benda kecil yang dapat membahayakan nyawa manusia, itulah rokok. Ribuan orang meninggal setiap tahunnya berasal dari penyakit yang ditimbulkan akibat merokok.

Perokok aktif dan pasif sama-sama terpapar asap rokok yang merugikan kesehatan bersama.

Dampaknya pembuluh darah menyempit akibat tertutup oleh lemak jahat sehingga memicu terjadinya serangan penyakit jantung. Selain itu bila beban kerja yang  dipikul terlalu berat atau suplai oksigen  terlalu rendah, otot-otot jantung dapat mengalami gangguan bahkan bisa menyebabkan serangan jantung. Menurut klasika fitur kesehatan, faktor-faktor yang paling penting yang dapat mempengaruhi otot jantung tadi, antara lain kurangnya latihan olahraga ditambah salah pengaturan makan, dan kebiasaan merokok.

Merokok jelas-jelas dapat merusak kesehatan dan berisiko memicu berbagai penyakit. Di Eropa, AS dan negara-negara maju lainnya, merokok juga tak baik bagi kesehatan dompet.

Merokok jelas-jelas dapat merusak kesehatan dan berisiko memicu berbagai penyakit. Di Eropa, AS dan negara-negara maju lainnya, merokok juga tak baik bagi kesehatan dompet.

Berbicara aktivitas fisik jika dilakukan dengan teratur dapat membantu memelihara otot-otot badan selama penurunan berat badan serta menyembuhkan tekanan darah dari ringan hingga sedang. Dengan aktif bergerak alias olahraga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula serta risiko penyakit jantung.

Olahraga tidak harus mahal sarananya terkecuali Anda banyak duit dan tidak sayang membuangnya demi badan sehat. Dengan olahraga yang menggerakkan otot  tubuh khususnya otot-otot besar, misalnya olahraga jalan kaki sudah cukup untuk membakar kalori tubuh. Para ahli kesehatan sepakat jalan kaki merupakan aktivitas yang paling aman.

Jalan kaki cepat untuk membakar lemak tubuh.

Jalan kaki cepat untuk membakar lemak tubuh.

Dengan berjalan kaki, aktivitas ini sebenarnya cukup murah dan dapat dilakukan dimana saja. Jalan kaki merupakan olahraga yang rendah intensitasnya sehingga penyandang obesitas pun dapat melakukannya. Selain jalan kaki, olahraga yang setiap orang di rumah mampu melakukannya sambil bekerja, sudah cukup membantu untuk mengeluarkan keringat.

Misalnya, naik turun tangga rumah bertingkat, memarkir mobil di tempat parkir yang sedikit jauh dari lokasi kita bekerja. Atau kita bergerak sebentar setelah lama duduk di kursi agar sirkulasi darah kembali lancar sembari melemaskan otot tubuh. Jadi tidak ada salahnya mulai sekarang kita banyak bergerak demi badan sehat, bugar untuk kesehatan jantung melalui olahraga yang tepat.