Dari sekian banyak lauk pauk dalam daftar yang harus saya persiapkan untuk kebutuhan rumah, adalah membeli ikan di pasar. Kenapa ikan harus ada dalam meja makan setiap kali anggota keluarga makan bersama, karena anak-anak masih membutuhkan ikan sebagai zat tambahan yang membentuk kecerdasan otak selama masa pertumbuhan. Selain ikan lezat dan enak juga mengandung banyak manfaat positif bagi tubuh kembang anak.

Tidak sekedar mitos saja soal ikan bila ada yang mengatakan bahwa mengonsumsi ikan akan berpengaruh besar dalam meningkatkan kecerdasan seseorang. Di Jepang yang mayoritas warganya penyuka ikan sebagai santapan siap saji untuk menu sehari-hari, ikan merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh omega 3. Orang Jepang dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata orang Asia lainnya, juga dikenal tetap sehat dan memiliki gairah hidup tinggi sampai usia tua di atas 100 tahun, yaitu Jiroemon  Kimura.

Bila dianalisis dari aspek gizi dan pangan, ternyata bahan pangan yang mendominasi makanan orang Jepang ialah ikan. Dengan tingkat konsumsi rata-rata 60 kilogram per orang per tahun, orang Jepang boleh dikata sudah tercukupi gizi makanannya asalkan ada ikan di meja makan. Demikian ulasan gerai fit soal suplemen ikan dalam salah satu artikelnya ( 10/10/13 ) menyoal tentang kesukaan orang Jepang akan makanan ikan dengan DHA, omega yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Bila dibandingkan dengan orang Indonesia, kita dalam keseharian hanya mengonsumsi ikan di bawah 30 kilogram per orang per tahun. Artinya jumlah ikan yang dikonsumsi 50 persen nya dari jumlah rata-rata orang Jepang makan ikan sebanyak 60 gram per orang per tahun. Tak apalah jika jumlah ikan yang kita konsumsi masih jauh dari kebutuhan orang Jepang makan ikan, asalkan gaya hidup sehat terus kita tingkatkan dalam keseharian, selain mau makan ikan, juga aktif bergerak.

Selain dikenal sebagai ikan yang unik, ikan salmon juga terkenal sebagai ikan dengan kandungan gizi yang tinggi dan memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang ada dalam ikan salmon adalah omega-3 yang sangat tinggi.

Selain dikenal sebagai ikan yang unik, ikan salmon juga terkenal sebagai ikan dengan kandungan gizi yang tinggi dan memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang ada dalam ikan salmon adalah omega-3 yang merangsang aktivitas otak dan membuat fungsi memori Anda secara optimal.

Sebagai contoh kenapa ikan salmon merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh omega 3 ? Di dalam omega 3 terkandung ALA, EPA, dan DHA yang paling bermanfaat langsung untuk kecerdasan otak adalah DHA.  Sekitar 60 persen dari seluruh asam lemak pada otak merupakan DHA.

Hal ini terutama terkonsentrasi di daerah otak yang bertanggung jawab untuk kemampuan berpikir kompleks dan konsentrasi.  DHA memberi fungsi sebagai jaringan yang berperan dalam melancarkan perintah saraf dan meneruskan rangsangan atau perintah menu ke otak. Karena itu DHA sangat berkaitan erat dengan respon  seseorang dalam menerima rangsangan dari luar.

AFP.

Iklan